RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Hal penting dalam memproduksi musik elektronik atau EDM (Elektronik Dance Musik) adalah prosesmixing. Kunci keberhasilan prosesmixingitu berlaku untuk semua genre musik elektronik. Baik untuk genre Electro House, Progressive House, Trap Music, Moombahton, Tech House maupun lainnya.

Rahasia sukses memproduksi EDM berkualitas itu diungkapkan oleh DJ (Disc Jockey) asal Indonesia yang telah memiliki reputasi internasional, Angger Dimas. “Ketika memasuki proses mastering juga penting. Tapi hanya sekitar 20 persen dari keseluruhanproducelagu,” ujar Angger yang tampil Workshop EDM Producer yang dikemas Boshe VVIP Club Sabtu (22/7) siang.

Acara dengan format seminar yang mengusung temaLokal Itu Kerenitu bisa dibilang sangat langka. Terlebih disampaikan langsung oleh DJ kelas dunia yang banyak jadi panutan musisi EDM. Selain Angger Dimas, hadir juga untuk berbagi ilmu para DJ kenamaan lainnya, seperti DJ Miko, DJ Osvaldo Nugroho, dan DJ Riri Mestica.

Pada kesempatan itu, mereka juga mengajak peserta seminar yang mayoritas berprofesi sebagaidisc jockeydan produser untuk mempraktikkan langsung. Sehingga para peserta juga tampak sibuk karena diajak praktek dengan laptop masing-masing.

Terkait kegiatan tersebut, DJ Osvaldo Nugroho berharap ke depannya para produser musik Indonesia lebih percaya diri terhadap hasil karyanya. “Kalian nggak perlu malu buat nunjukin karya kalian. Kalian pasti punya karakter masing-masing. Jangan sekadar jadifollower,” tegas Osvaldo.

Sesi tanya jawab pun menjadi hidup karena para peserta bisa langsung mempraktikkannya dengan dipandu para DJ kondang. Miko dan Angger Dimas juga secara terbuka menyampaikan pengalamannya kepada para peserta dengan praktek langsung. Tak kalah menarik, para peserta yang mengikuti seminar saat itu juga mendapat sertifikat resmi dari Movement Lokal Itu Keren yang ditandatangani langsung oleh ke empat pembicara. (sky/man/ila/ong)