RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO – Pameran Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah menorehkan beberapa prestasi. Itu berasal dari berbagai bidang lomba kearsipan yang diikuti Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo pekan lalu. Hasil ini merupakan hasil kerja keras berbagai pihak yang mendukung kegiatan.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusataan (Dinarpusda) Purworejo Tri Joko Pranoto mengungkapkan, penghargaan yang direngkuh ini menunjukkan jika Purworejo layak diperhitungkan. Sebab, sudah menjadi Kabupaten Tertib Arsiparis di tingkat Jawa Tengah.

“Ini tidak lepas dari kerja keras seluruh masyarakat Purworejo dalam membantu kami mengarsipkan seluruh dokumen statis maupun dinamis,” kata Tri Joko yang akrab disapa Menot ini, kemarin (23/7).

Ditambahkan, beberapa penghargaan dari lomba kearsipan yang diterima Purworejo antara lain Juara II Lomba Arsiparis Ahli atas nama Musriyatun dari Dinarpus Purworejo. Juara III Lomba Tertib Arsip Desa yang diwakili oleh Desa Kalimeneng, Kecamatan Kemiri. Serta mendapat predikat juara III stand terbaik pada acara Pameran Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan lain yakni kategori lomba Arsip Terampil, juara I hingga harapan I seluruhnya disabet delegasi dari Kabupaten Purworejo. Juara I Lomba Arsiparis Terampil diraih Krida Yudha dari BPPKAD Purworejo. Juara II Lomba diraih Rita Wijayanti dari Disdukcapil & KB Purworejo, juara III Lomba Sinung Disdukcapil & KB Purworejo, dan juara Harapan I Lomba Arsiparis Terampil diraih oleh Nur dari Kecamatan Bener.

“Saya berharap, ini akan menjadi contoh bagi OPD lain untuk ikut tertib menjaga arsip dan dimiliki,” kata Menot.
Diantara banyak penghargaan yang diperoleh, satu duta akan mewakili Provinsi Jawa Tengah di pentas nasional. Adalah Krida Yudha dari BPPKAD Purworejo yang berhasil meraih prestasi terbaik Jateng tahun ini. Tahun sebelumnya Krisda hanya meraih juara harapan 3 di ajang pemilihan Arsiparis di tingkat Jateng. (udi/ila/ong)