RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Pariwisata dan seni saling memiliki keterkaitan yang kuat. Seni akan sulit berkembang tanpa ada atraksi wisata. Sebab, pariwisata menjadi wadah untuk pengembangan seni.

Kolaborasi antara pariwisata dan seni itu, antara lain, diwujudkan dengan perhelatan Merapi Night Festival. Even ini dieloborasikan dengan Clasic Otomotif. Acara tersebut digelar di Kompleks Museum Gunung Merapi (MGM), 22-23 Juli ini.

Rangkaian Merapi Night Festival dimulai pada Sabtu (22/7) pagi dengan pameran mobil dan motor antik. Pembukaan dilakukan pukul 14.00. Malam harinya dilanjutkan konser musik menampilkan kelompok musik Jazzmben Senen. Lalu ditutup dengan penampilan Sawung Jabo dan musik Barocknya.

Perhelatan ini merupakan terobosan Dinas Pariwisata DIY membangun sinergi dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Merapi Night Festival dan Clasic Otomotif memadukan antara otomotif dan seni budaya menjadi satu gelaran. Tujuannya demi membangun kekuatan event berskala nasional. Ke depan, kegiatan itu dimungkinkan menjadi ikon acara di lereng Merapi. (*/kus/laz/ong)