RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Di tengah persiapan Timnas U-19 Indonesia menghadapi Piala AFF yang berlangsung September mendatang, rencananya tim asuhan Indra Sjafri itu akan mengadakan uji coba dengan beberapa tim Liga 2. Salah satu yang dibidik menjadi tim latih tanding adalah PSS Sleman.

Tim Liga 2 dipilih karena berujicoba dengan tim Liga 1 menurutnya sulit terwujud. Sebab tim kasta tertinggi tersebut memiliki jadwal yang dinilai mepet. Karena itu, juru taktik berdarah Minang itu berharap tim bisa melakukan uji coba dengan klub Liga 2. Selain PSS, tim lain yang dijajaki adalah Persebaya Surabaya.

Menurut Indra, kedua klub tersebut memiliki suporter yang bisa memberikan tekanan pada pemainnya. Hal itu bagus untuk menguji mental Egi Maulana Vikri dkk. “Kami butuh itu untuk melatih psikis pemain saat bermain di hadapan pendukung tim lawan,” ungkapnya.

Terkait rencana tersebut, asisten pelatih Timnas U-19 Miftahudin telah menghubungi pelatih PSS Sleman Freddy Muli. Miftahudin yang sebelumnya menangani PS TNI U-21 mengajukan jadwal di pertengahan Agustus 2017 mendatang. Diketahui di antara jadwal PSS melawan Persibat (9/8) dan Persijap Jepara (20/8) ada selang waktu 11 hari. Kemungkinan laga akan digelar di antara tanggal tersebut. “Ya kalau ada waktu longgar pada prinsipnya kami siap saja. Tapi mungkin lebih jelasnya nanti dibahas di manajemen,” ujar Freddy Muli kemarin (18/7).

PSS maupun Persebaya diketahui memiliki suporter yang begitu militan dan atraktif di tribune penonton. PSS memiliki Slemania dan Brigata Curva Sud yang selalu bersorak kencang kala tim berjuluk Super Elang Jawa itu bermain. Sedangkan, Persebaya memiliki Bonekmania.

Sebelumnya, Timnas U-19 ditekuk RCD Espanyol B dengan skor 4-2 saat uji coba yang dilangsungkan di Stadion GBLA, Jumat (14/7). Ketika Timnas U-19 dilatih Eduard Tjong, Garuda Jaya, julukan timnas U-19 sempat berujicoba di DIJ melawan PSIM Jogja yang berkesudahan 2-2.

Sedangkan pada 2014 lalu, ketika masih diasuh Indra Sjafri Timnas U-19 pernah mengalahkan Pra-PON DIJ 3-2. Dua gol Pra-Pon DIJ diborong Martinus Novrianto. (riz/din/ong)