Bidik Emas Ketiga di Sea Games Mendatang

Pembalap putri asal Malang, Jawa Timur, Elga Kharisma Novanda menjadi magnet dalam kejurnas BMX National Championship 2017 r di Lapangan BMX Youth Center Sleman, akhir pekan lalu. Siapa dia ?
RIZAL SETYO NUGROHO, Sleman
Elga pantas menjadi perhatian. Itu tidak lepas karena prestasi yang telah ditorehkan pembalap kelahiran 14 November 1993, terbilang cukup mentereng. Ia bahkan mendapat julukan Ratu BMX Asean. Karena tercatat sudah meraih 3 medali emas di ajang SEA Games, yakni tahun 2011 di Indonesia, 2013 Myanmar, dan 2015 Singapura.

Elga yang ditargetkan bisa meraih medali emas di ajang SEA Games Malaysia 2017 pada 19 sampai 30 Agustus mendatang, bertekad terus tampil maksimal dan siap memberikan yang terbaik bagi Tim Nasional Indonesia. “Bisa mempertahankan juara di 2017 jadi target bisa nomor satu. Terakhir di Myanmar dapat emas. Sebelumnya di Jakarta juga emas berharap nanti bisa mempertahankan,” ujarnya kemarin.

Elga mengaku saat ini sudah memasuki Pelatnas bersama empat atlet BMX lainnya yaitu Cupi Novinati, Tony Sarifudin, Rio Akbar, dan Bagus Saputra. Hasil bagus di Sleman akan membuatnya nyaman menatap Sea Games. Karena pemenang di ajang ini akan menjadi rujukan peringkat sebelum Sea Games 2017.”Hasil di Sleman akan menjadi acuan pelatnas,” imbuhnya.

Mengenai pesaing selama mengikuti lomba selama ini hanyalah teman sesama di timnas yaitu Cupi Novianti. Menurutnya Cupi sudah memperlihatkan kemajuan yang cukup bagus. Namun khusus untuk BMX National Championship 2017 di Sleman ini cukup dikenalnya. Bahkan dia juga sudah berlatih dua hari sebelum kejauraan nasional tersebut dimulai.
Budi Saputro Manajer Timnas BMX mengatakan untuk pelatnas sudah berjalan dari November 2016 hingga bulan ini. Timnas BMX Indonesia ada 5 pebalap yaitu Elga Kharisma Novanda, Cupi Novinati, Tony Sarifudin, Rio Akba, dan Bagus Saputra.

Menurutnya persiapan cukup matang karena masuk dari program sampai masuk kompetisi saat ini atau H-35 sudah mencapai 80 persen mendekati full.”Di bagian putri sainganya dari Thailand tapi juga waspada dengan tuan rumah. Kalau di bagian putra ada di Filipina dan Thailand. Filipina itu ada satu atlet naturalisasi dari Amerika,” ujarnya.

Budi mengaku untuk cabor BMX pihaknya menargetkan satu medali emas dari Elga Kharisma. Elga dinilai mampu membawa pulang Emas karena prestasinya saat ini. Sehingga untuk satu medali emas di BMX ia optimis membawa pulang dari Sea Game Malaysia.

“BMX itu satu itu dari Elga. Kalau cabor balap sepeda ada trek, road dan BMX. Kami ditargetkan 8 medali emas dari satlak. Tapi kalau realistis antara lima sampai 5-6 medali,” bebernya. (din/ong)