RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Hasil minor yang didapat Persiba Bantul selama tujuh pertandingan di fase grup pertama akhirnya menelan korban. Tidak tanggung-tanggung, pelatih Purwanto Suwondo harus mengepak koper dan berhenti menangani tim. Hal itu setelah manajemen Persiba memutuskan menghentikan kerja sama dengan mantan pelatih PSBI Blitar tersebut.

Manajer Persiba Endro Sulastomo mengatakan, keputusan mendepak Purwanto diambil setelah pihaknya mengadakan pertemuan dengan jajaran manajemen. Hasil buruk yang didapat Slamet Widodo dkk di putaran pertama menjadi pertimbangan utama. Persiba saat ini masih menjadi juru kunci Liga 2 Grup 4 dengan baru mengemas tiga poin dari tujuh pertandingan.

Tiga poin itu didapat setelah hanya mampu imbang melawan Sragen United, Persis Solo, dan Persipon Pontianak. Sedangkan empat laga lainnya yaitu melawan PSIR Rembang, PPSM Magelang dan Persipur Purwodadi, semuanya berakhir dengan kekalahan. Termasuk yang teranyar ketika tim dipermak 5-0 oleh tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Jati Diri Semarang.

“Berdasarkan hasil pertandingan sepanjang putaran pertama kemarin yang dinilai tidak memuaskan, kami dengan sangat terpaksa harus menyudahi kerja sama dengan Mas Purwanto sebagai pelatih kepala di Persiba,” ujarnya kepada wartawan kemarin (16/7).

Selanjutnya, untuk sementara tim akan ditangani Asisten Pelatih Sambudiyana. Ia akan mengisi tempat yang ditinggalkan Purwanto kemungkinan sampai dengan laga perdana fase kedua melawan PSIR Rembang.

Endro berjanji akan segera mencari sosok pelatih pengganti yang mampu mendongkrak prestasi tim. Pelatih itu juga memiliki tugas berat untuk menyelamatkan Persiba dari degradasi. “Kami segera cari penggantinya, tapi untuk sementara besok lawan Rembang, Pak Sambudi dulu yang pimpin,” bebernya.

Di sisi lain, terkait tuntutan suporter agar tim melakukan penambahan pemain, pihaknya sudah mulai menghubungi beberapa pemain untuk dilihat kemampuannya. Beberapa sudah mulai datang berlatih bersama tim. “Kami tentu berharap pemain baru nanti bisa mengangkat permainan tim lebih baik,” harapnya. (riz/laz/ong)