RADARJOGJA.CO.ID – PT Jasa Raharja Cabang DIJ membuka pelayanan pemeriksaan dan pengobatan di Gedung Serbaguna Lapangan Denggung, Sleman, Kamis (13/7). Layanan gratis itu merupakan bentuk dukungan terhadap kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional yang diselenggarakan oleh BNNP DIJ.

Dalam kegiatan itu, panitia mengambil tema dengan hari anti narkoba internasional kita wujudkan masyarkat yang bebas dari penyalahgunaan narkotika menuju Sleman Smart Regency.

Pengunjung pun tak menyia-nyiakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang dibuka oleh PT Jasa Raharja DIJ. Terlihat, beberapa warga dan pejabat Pemkab Bantul ikut memanfaatkan layanan tersebut seperti Bupati Sleman Sri Purnomo dan sejumlah pejabat Muspida Pemkab Sleman.

“Layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini kami buka sebagai bentuk kepedulian PT Jasa Raharja kepada masyarakat,” kata Humas PT Jasa Raharja DIJ, Wahyu Agung SE MM disela-sela kegiatan tersebut.

Wahyu menjelaskan, sebenarnya tugas pokok dan fungsi PT Jasa Raharja adalah membayarkan santunan kecelakaan lalu lintas jalan dan kecelakaan penumpang angkutan umum. Selain itu, setiap tahunn PT Jasa Raharja menghimpun dana dari masyarakat melalui pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat dan melalui tiket iuran wajib penumpang angkutan umum.

“Layanan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Bidokkes Jogjakarta merupakan tugas tambahan. Termasuk penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL),” terang Wahyu.

Kepala BNNP DIJ, Brigjen Pol Mardi Rukmianto mengatkan saat ini penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Karena itu, semua elemen masyarakat harus ikut memeranginya. Sebab, bila peredaran dan penyalahgunaan narkoba dibiarkan maka akan membahayakan kehidupan dan generasi Indonesia di masa mendatang.

“Penyalahgunaan narkoba di Provinsi DIY menempati urutan ke 8 dari 18 provinsi se-Indonesia. Ironisnya, DIY menempati peringkat 1 dalam hal pemakai terbanyak narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa dalam penyalahgunaan penggunaan narkoba,” beber Mardi. (mar)