RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Komposisi PSIM Jogja diprediksi akan mengalami perubahan saat menghadapi laga away melawan PSIB Blitar, Sabtu (8/7) mendatang. Perubahan yang paling kentara yakni dua bek sayap yang nantinya akan diisi oleh pemain yang selama ini menjadi pelapis.

Muhammad Rifky yang biasa bermain diposisi gelandang besar kemungkinan akan di plot di posisi bek kiri menggantikan Said Mardjan yang sedang dalam kondisi cedera. Sementara di posisi bek kanan, yang biasa dihuni Ayub Antoh akan diberikan kepada Diaz Bayu.

Pelatih PSIM Jogja Erwan Hendarwanto menyebut adanya perubahan komposisi pada formasi 4-2-3-1 yang diterapkan. Perubahan itu untuk mengantisipasi kelemahan dalam antisipasi bola crossing.”Diaz punya postur dan duel udara yang bagus. Penempatan diposisi itu untuk antisipasi umpan silang yang menjadi kelemahan kita,” kata Erwan kepada Radar Jogja kemarin (5/7).

Sementara itu keberadaan Rifky, menurut Erwan dapat menutupi celah yang ditinggalkan Said. Rifky, dinilai memiliki kecepatan dan kaki kiri yang cukup baik. “Hanya naluri bertahannya yang belum terasah. Makanya kita coba,” jelasnya.
Peran Diaz dan Rifky menjadi starting lineup saat bertandang ke Gelora Panataran, Blitar cukup terlihat dalam ujicoba terakhir. Saat melawan Porab di Lapangan Tamanan, Bantul keduanya ditempatkan diposisi yang tidak biasanya. Dimana Diaz bermain di bek kanan dan Rifky sebagai bek kiri.

Sementara itu untuk menggantikan posisi Rangga Muslim yang baru saja bergabung, Erwan menyebut ada dua nama yang diproyeksikan yakni Ichsan Hari dan Yoga Pratama. Ichsan menurut Erwan juga memiliki kecepatan dan kaki shooting yang cukup baik.”Rangga tetap akan kami bawa meski baru bergabung. Namun kami juga mempersiapkan penggantinya,” jelasnya.
PSIM Jogja telah menyiapkan 18 pemainnya untuk dibawa ke Blitar pada hari ini (6/7). Mereka yang dibawa yakni Ony Kurniawan dan Tito Rama di posisi kiper.

Dibarisan pertahanan nama Anjar Beni, Edo Pratama, Ayub Antoh, Ahmad Taufik, Yoga Pratama dan Diaz Bayu juga menjadi pilihan. Di lini tengah, Raymond Ivantonius, Dimas Priambodo, Pratama Gilang, Dicky Pratama, Muhammad Rifky, Rangga Muslim dan Ichsan Hari juga menjadi bagian. Sementara disektor penyerangan Engkus Kuswaha dan Krisna Adi menjadi bagian dari ke 18 pemain. “Target yang kami bawa bisa mencuri poin. Motivasi dan fisik pemain sejauh ini cukup baik,” tandasnya. (bhn/din/ong)