RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Setelah Persiba Bantul mencoret empat pemainnya, PSS Sleman juga resmi melepas pemain tengahnya Andik Rahmat, Rabu (5/7). Andik dinilai menyalahi kontrak kerja atau indisipliner. Hal itu terkait kembalinya mantan pemain PSIS Semarang itu setelah libur Lebaran lalu.

“Secara profesional urusannya dengan manajemen. Ada klausul di kontraknya, sistem kerja ada batas waktu setelah libur harus segera bergabung kembali dengan tim,” ungkap pelatih PSS Freddy Muli kepada Radar Jogja, kemarin.

Andik sebelumnya izin untuk pulang dengan alasan akan melangsungkan pernikahan. Ia disebut telah lebih dulu libur pada 20 Juni lalu. Namun saat pemain lain kembali pada 28 Juni, dia baru datang pada 2 Juli. “Pemain harus profesional dan tanggung jawab. Olahragawan kan berpacu dengan waktu. Tidak boleh terlambat, karena waktu berapapun selalu dihitung,” imbuhnya.
Kondisi tersebut menurut pelatih menjadi pelajaran bagi pemain lainnya untuk terus disiplin dan tanggung jawab. Sebab jika keterlambatan selalu ditoleransi, akan berdampak pada pemain lainnya.

Kabar hengkangnya Andik berhembus ketika nada perpisahan muncul di story Instagram pemain belakang PSS Jodi Kustiawan. Gambar dirinya dan Andik diberi keterangan semoga Andik segera mendapatkan klub baru yang baik. Kabar tersebut tentu saja mengagetkan bagi Sleman fans mengingat berdekatan dengan pertandingan home melawan PSGC Ciamis, Sabtu (8/7) mendatang.

Namun Freddy menampik jika kepergian Andik bisa mempengaruhi kondisi tim. Ia menggaransi tim akan tetap bermain baik meskipun tanpa Andik. Sebab Andik menurutnya juga tidak masuk dalam kerangka inti tim. Sementara stok untuk pemain tengah masih ada Wahyu Sukarta dan Chandra Lukmana yang bisa bermain baik untuk melapis Dirga Lasut dan Busari. “Tidak ada masalah. Semua sudah dipertimbangkan antara pelatih dan manajemen,” tuturnya.

Termasuk mengenai spekulasi pengganti Andik, mantan pelatih Persebaya Surabaya itu mengaku tidak mau terburu-buru. Termasuk menuruti keinginan fans yang meminta klub menarik kembali Dave Mustaine yang dikabarkan mundur dari klubnya, Persegres Gresik United.Di tim berjuluk Kebo Giras itu, Dave hanya menjadi penghangat bangku cadangan dan jarang mendapat menit bermain. “Untuk Dave, nanti pelatih lihat dulu mainnya. Kalau cerita banyak orang katanya bagus itu kan dulu. Tapi saya belum lihat langsung,” tukasnya.

Peluang itu termasuk untuk peluang menambah pemain di putaran kedua fase grup, Freddy mengaku masih ingin fokus di dua pertandingan sisa di putaran pertama melawan PSGC dan Persibas Banyumas. “Mungkin nanti ada beberapa penambahan. Banyak juga yang mau ke sini (PSS, Red). Tapi itu nanti dipikirkan. Konsentrasi ke dua pertandingan putaran pertama dulu. Semua harus fokus satu-satu dulu,” tuturnya. (riz/din/ong)