RADARJOGJA.CO.ID – KULONPROGO – Sebanyak 15 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Remisi yang diberikan bervariasi, 15 hari hingga satu bulan.
“Dari 15 warga binaan yang mendapat remisi, tujuh mendapatkan remisi 15 hari. Delapan sisanya mendapatkan remisi satu bulan. Tahun ini memang hanya pemotongan masa tahanan. Tidak ada yang mendapatkan remisi bebas,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Soleh Joko Sutomo kemarin.
Rutan Kelas IIB Wates saat ini dihuni 72 warga binaan. Selain pemberian remisi, satu warga binaan dinyatakan bebas murni karena selesai menjalani masa hukuman selama enam bulan kurungan.
“Remisi diberikan secara resmi dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) 2017 tentang Pemberian Remisi Khusus Idul Fitri 1438 H. Sesuai dengan syarat dan undang-undang,” kata Soleh Joko Sutomo.
Tahun ini warga binaan yang mendapatkan remisi paling banyak yang terlibat kasus pencurian. Mereka telah berkelakuan baik selama pembinaan. “Remisi ini memang ditujukan bagi kejahatan kriminal konvensional. Sedangkan untuk tindak kriminal extra ordinary tidak ada remisi,” kata Soleh Joko Sutomo.
Soleh berharap para warga binaan yang telah mendapatkan remisi tetap bisa berkelakuan baik. Sementara warga binaan yang tidak atau belum mendapatkan remisi bisa meningkatkan perilaku baiknya selama di rutan.
“Pemberian remisi ini merupakan ketentuan Pusat. Kami juga mengimbau warga binaan bisa terus memperbaiki diri dan tetap menghormati petugas selama di dalam rutan,” harap Soleh Joko Sutomo. (tom/iwa/ong)