RADARJOGJA.CO.ID – Keseriusan pemerintah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas terus dilakukan. Selain kampanye keselamatan berlalu lintas, pemerintah menggelar Program Mudik Bareng Gratis dan Mudik Balik Bareng Gratis pada lebaran 2017 ini. Sabtu (1/7) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberangkatkan lebih dari 1.000 orang yang akan balik ke Jakarta.

Kaum urban yang mengadu nasib ke Jakarta tersebut diberangkatkan dari Terminal Giwangan Jogja menuju Jakarta dengan menggunakan 33 bus. Nantinya, mereka akan turun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Ada 33 bus yang disediakan untuk menyukseskan Program Balik Bareng Gratis,” kata Penanggungjawab Program Mudik Gratis Kemenhub RI, Yeldhy Ramadan kepada wartawan di Terminal Giwangan, Sabtu (1/7).

Para peserta Balik Bareng Gratis dilepas oleh Kasubdit Angkutan Darat Kementerian Perhubungan RI Dadang M. Ramdan dengan didampingi Wadirlantas Polda DIJ AKBP Popy Yugonanto, Wakil Wali Kota Jogja Heru Purwadi, dan Kepala PT Jasa Raharja DIJ RM Wahyu Widodo SH MH.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan trun yang akan digunakan untuk mengangkut kendaraan sepeda motor milik para peserta Balik Bareng ke Jakarta.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Jogja, Bekti Zunanta menerangkan, kegiatan Balik Bareng Gratis dipusatkan di Terminal Giwangan. Sehingga, masyarakat yang ingin mengikuti program ini dan tinggal di luar Jogjakarta harus datang ke Terminal Giwangan.

Peserta balik bareng, Solikah mengaku senang dapat mengikuti balik bareng ke Jakarta bersama Kemenhub RI. Menurutnya, program ini sangat membantu warga Jogjakarta yang merantau ke Jakarta. Sebab, untuk mendapatkan tiket angkutan umum dengan waktu pemberangkatan seminggu jelang lebaran dan seminggu usai lebaran sangat sulit.

“Jika pun ada tiket, harganya sudah naik berlipat-lipat. Kami yang hanya bekerja sebagai buruh pabrik tak sanggup membelinya,” kata perempuan asal Bantul ini.

Kepala PT Jasa Raharja DIJ RM Wahyu Widodo SH MH mengatakan, pada 2017 PT Jasa Raharja kembali menyelenggarakan Mudik Gratis. Pada mudik gratis para pemudik diangkut dengan menggunakan bus dan kereta api. Selain itu, untuk menyukseskan arus mudik lebaran dan libur lebaran PT Jasa Raharja mendirikan posko kesehatan yang di pusatkan di Terminal Giwangan dan Posko Pelayanan di Kantor Cabang PT Jasa Raharja DIJ Jalan Magelang Nomor 7 Jogja dan Posko di Kantor PT Jasa Raharja DIJ Bantul yang ada di Jalan Parangtritis KM 7, Sewon.

“Kami juga menyediakan MUKL yang keliling dari PO-PO, terminal terminal dengan bekerja saam dengan Bidokkes Polda DIJ,” kata Wahyu.

Tujuan pendirian posko kesehatan adalah untuk memberikan pelayanan kepada crew bus dan masyarakat umum terutama pengemudi. Tak hanya itu, jelang lebaran PT Jasa Raharja juga memberikan bantuan hibah sarana pencegahan preventif pra kecelakaan kepada instansi terkait seperta Ditlantas Polda DIJ.

“Hibah bantuan berupa traficone, barikade , stiock cone, rompi, senter, tenda kerucut, dan jas hujan,” terang Wahyu. (mar)