“MUDIK” Barack Hussein Oba-ma ke Jogjakarta benar- benar dimanfaatkan kedua putrinya, Malia dan Sasha. Mereka ingin “mengenang” kisah sang ayah saat kecil di Jogjakarta. Ketika kecil, tahun 1970-an, Obama pernah tinggal di Jogjakarta.

Bersama kerabatnya dari ke-luarga Dr Soetoro, ayah tirinya, Obama kerap bermain di seki-tar Tamasari dan Alun-Alun Kidul. Informasi yang dipero-leh Radar Jogja menyebutkan, dulu Obama biasa bermain de ngan teman- teman sebayanya. Mereka memainkan petak um-pet atau jethungan dan bulu tangkis

Kemarin (29/6), Malia dan Sasha mengunjungi kedua tem-pat tersebut. Mereka datang ke kompleks Tamansari terlebih dahulu. Saat mengunjungi bangu-nan yang didirikan zaman Sri Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1765 tersebut, mereka tidak bersama Obama.

Mereka tiba melalui sisi barat yakni Plasa Ngasem. Mereka berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di Kampung Patehan, Kraton.

Kehadiran Malia dan Sasha menarik perhatian warga. War-ga berusaha berebut menga-badikan dua anak mantan presiden Amerika Serikat itu saat melintas di depan rumah mereka.

Petugas yang mengawal Malia dan Sasha sigap mencegah war-ga yang berusaha mendekat. Malia dan Sasha pun terlihat menebar senyum ke warga yang menyapa.

Di Tamansari, Sasha dan Ma-lia menikmati sejumlah objek wisata yang ada. Di antaranya, sumur gumuling dan kolam pe-mandian Umbul Binangun.

Dari Tamansari, Malia dan Sasha menuju ke Alun-Alun Ki-dul (Alkid). Mobil yang mereka tumpangi sempat berhenti di Alkid. Namun, mobil kemudian melaju lagi.

“Tadi sempatmandegsekitar semenit. Terus bablas,” kata Ningrum, pengunjung Alkid.

Suasana Alkid sore kemarin cukup ramai. Banyak wisatawan yang berada di area tanah lapang Alkid. Beberapa orang tampak melakukan masangin, berjalan dengan mata tertutup melintasi dua beringin yang berada di ten-gah alun-alun. (bhn/amd/ga/ong)