RADARJOGJA.CO.ID – Keseriusan PT Jasa Raharja memberdayakan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Jogjakarta tak diragukan lagi. Jelang Hari Raya Idul Fitri perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut kembali menyalurkan dana kemitraan kepada pengusaha di wilayah Jogjakarta, Rabu (21/6). Total dana yang disalurkan sebesar Rp 135 juta.

“Dana kemitraan Rp 135 juta tersebut disalurkan kepada kepada enam pengusaha,” kata Kepala PT Jasa Raharja DIJ RM Wahyu Widodo SH MH kepada Radar Jogja kemarin.

Kepala PT Jasa Raharja DIJ RM Wahyu Widodo SH MH foto bersama dengan pelaku UKM penerima dana kemitraan di kantor PT Jasa Raharja DIJ Jalan Magelang, Rabu (21/6). (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)

Mereka yang mendapatkan dana kemitraan dari berbagai latar belakang. Seperti usaha toko klontong, ternak sapi, jasa penyewaan molen, dan lain sebagainya. Pengusaha yang mendapatkan dana pinjaman sebelumnya telah melalui berbagai seleksi. Awalnya, para pengusaha ini mengajukan proposal kemudian tim melakukan seleksi administrasi.

“Yang memenuhi syarat dilakukan survey kemudian kami ajukan ke kantor pusat di Jakarta,” terang Wahyu.

Menurutnya, penyaluran dana kemitraan ini merupakan tugas tambahan yang diberikan pemerintah kepada PT Jasa Raharja. Tujuannya adalah agar perusahaan negara ikut berpartisipasi mendukung pengembangan UKM di tanah air. “Sehingga, UKM dapat berkembang dan bisa menyerap tenaga kerja,” jelasnya.

Dari Januari hingga Juni 2017 dana kemitraan yang disalurkan PT Jasa Raharja kepada pelaku UKM sudah mencapai Rp 580 juta. Dana tersebut untuk pengembangan usaha yang dijalankan oleh 19 pelaku UKM di Jogjakarta.

“Dana kemitraan untuk pengembangan usaha bukan untuk konsumtif,” ingatnya.

Prasetya, pemilik toko klontong Barokah menyampaikan terima kasih kepada PT Jasa Raharja yang telah menyetujui proposal pengajuan dana pinjaman. Nantinya, dana kemitraan Rp 20 juta akan digunakan untuk menambahkan barang dagangan di warungnya.

“Apalagi ini mau lebaran biasanya kebutuhan bahan pokok meningkat. Dana ini bisa buat kulakan untuk pasokan lebaran nanti,” jelas pria asal Kulonprogo ini. (mar)