RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO – Pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Purworejo dilaksanakan serentak kemarin (19/). Delapan dari 11 SMA negeri di Purworejo diketahui masih memenuhi kuota jumlah siswa.

Hal itu disampaikan Ketua Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Purworejo Padmo Sukoco sebelum memberikan pengumuman penerimaan siswa di SMAN 1 Purworejo. Praktis, ke-8 sekolah ini akan membuka kembali pendaftaran siswa baru yang akan ditutup pada hari ini (20/6).

“Sekolah yang belum terpenuhi kuota jumlah muridnya bisa membuka pendaftaran secara online lagi mulai hari ini (kemarin, Red) pukul 10.00,” kata Padmo.

Berbeda dengan PPDB gelombang I, perhitungan nilai hanya menggunakan nilai ujian nasional murni tanpa embel-embel apa pun. Adapun alur pendaftarannya tetap seperti semula. “Jadi tidak ada tambahan poin seperti anak guru, bina lingkungan, piagam atau SKTM. Semua murni dari nilai anak,” katanya.

Bagi anak yang telah dinyatakan diterima di salah satu sekolah negeri, tidak diperkenankan lagi mencabut berkas dan mendaftarkan dari awal. Mereka yang telah diterima akan langsung mengikuti proses daftar ulang.

Disinggung mengenai sekolah-sekolah yang masih kekurangan siswa, Padmo mengatakan dirinya tidak mengetahui secara persis. Hanya ada beberapa sekolah yang telah memberikan informasi kepadanya.

“Yang jelas sudah penuh baru SMA 1, 2 dan 7. Sedangkan yang lain memang masih kekurangan. Yang cukup banyak ada di sekolah-sekolah pinggiran,” tambahnya.

Kondisi serupa terjadi di tingkat SMK. Wakil Ketua MKKS SMK Budiyono mengatakan, beberapa jurusan di SMK masih belum memenuhi kuota dan masih dibuka pendaftarannya.
“Kalau kurang memang masih ada, tapi saya tidak diberi laporan per sekolahnya, karena mereka melapor langsung ke Magelang,” kata Budiyono. (udi/laz/ong)