RADARAJOGJA.CO.ID – KULONPROGO – Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menjenguk enam lansia dan satu korban kecelakaan jatuh dari pohon. Kunjungan Hasto tersebut dilakukan usai safari Subuh di Masjid Nur Hidayah, Nglatihan 2, Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, kemarin (18/6).

Mereka yang dijenguk Hasto, Rubinem, 98; Ngadikem, 100; Jemingan, 90; Wiji Taruno Ikromo, 80; Suratinem, 87; Darmo, 90, warga Desa Tuksono dan Salamrejo, Kecamatan Sentolo. Semuanya sakit karena usia dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Sementara Supardi, 50, sakit tulang belakang dan kaki akibat jatuh dari pohon saat kerja bakti bersama warga masyarakat di Pedukuhan Bonosoro, Jatirejo, Lendah.

Hasto bersama Tim Safari Subuh Pemkab Kulonprogo didampingi Baznas dan PDAM memberikan bantuan uang tunai.
Saat safari, Hasto berpesan agar masyarakat hemat dan sederhana menyambut Idul Fitri. Diharapkan menjaga ketertiban lingkungan. Tidak bermain petasan atau kembang api yang membahayakan warga. Selalu menjaga ketertiban berkendara di jalan raya.

“Orang tua agar dapat menjaga anak-anaknya dari pergaulan bebas. Ada kecenderungan tingkat kehamilan di luar nikah makin tinggi. Rata-rata mereka masih berusia di bawah 17 tahun. Memungkinkan terjadinya kanker rahim,” kata Hasto. (tom/iwa/ong)