RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Jeda kompetisi Liga 2 selama puasa, digunakan Persiba Bantul untuk menaikkan kualitas permainan tim. Jika tim lain mungkin hanya menjaga kondisi fisik pemain, lain halnya dengan Slamet Widodo dkk. Laskar Sultan Agung-julukan Persiba Bantul menggeber latihan dan memperbanyak uji coba agar permainan tim bisa lebih baik saat roda kompetisi kembali bergulir nanti.

Kabar teranyar, anak asuh Purwanto Suwondo ini akan menjajal kemampuan tim Liga 2 asal ujung timur Indonesia, Persiwa Wamena. Bentrok kedua tim dijadwalkan digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (17/6). Bahkan, setelah melawan tim dari grup 8 Liga 2 itu, pemain masih akan melakoni tiga laga ujicoba berturut-turut.
Asisten Pelatih Persiba Bantul Sambudiana mengatakan, tim yang dihadapi pertama adalah pesertaLiga 3 DIJ Persig Gunungkidul di Stadion Sultan Agung, Selasa (20/6). Diteruskan Sanden All Star pada Rabu (21/6) di Lapangan Sorobayan.

Selanjutnya tim lokal terakhir yang dilawan adalah Imogiri Selection di LapanganSumber Agung, Imogiri, Kamis (22/6). Setelahnya skuad diliburkan selama seminggu mulai 23 hingga 28 Juni mendatang. “Untuk mengasah mental pemain muda kami dan mempertajam finishing,” bebernya.
Setelah libur Lebaran, pemain dikumpulkan pada 29 Juni untuk mempersiapkan pertandingan pekan keenam pada 8 Juli melawan Persipon Pontianak.
Disinggung mengenai laga melawan Persiwa, Pelatih Persiba, Purwanto Suwondo mengaku menyiapkan beberapa skema. Salah satunya pakem 4-3-3 yang menurutnya lebih offensif.

Formasi tersebut menurutnya mulai diterima dan dipahami anak asuhnya. Meskipun demikian dia tidak saklek dengan skema tersebut dan fleksibel juga dengan 4-2-3-1 atau 4-4-2. “Kami akan mencoba fleksibel saja,” bebernya.

Persiwa Wamena telah tiba di Jogjakarta sejak Senin lalu. Anak asuh Joko Susilo itu sedang menayangkan tim untuk mempersiapkan dimulainya fase grup 8 yang direncanakan dimulai setelah Lebaran. Selama ini Persiwa melakukan persiapan kompetisi di Sidoarjo, Jawa Timur.
Sebelumnya tim asal Papua itu telah melakoni sekali ujicoba dengan hasil kemenangan 2-1 atas Persida Sidoarjo.

Disingung mengenai calon lawannya, Joko mengaku belum mengetahui permainan Persiba. Namun ia juga tidak akan melihat hasil akhir. Yang utama adalah pemantapan tim termasuk melihat kemampuan 21 pemain yang diboyongnya.

Selanjutnya, selain Persiba rencananyaPersiwa juga akan menggelar uji coba melawan Madiun Putra. Hanya saja, menurut Joko, tim pelatih masih menunggu konfirmasi dari manajemen Madiun Putra. (riz/din/ong)