RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Laga uji coba PSS Sleman Madiun Putra, Minggu malam (4/6) pukul 20.30 tidak hanya untuk menguji kemampuan kedua tim di lapangan. Laga ini juga digunakan manajemen PSS menggalang dana bagi suporter yang tertimpa musibah kerusuhan beberapa waktu lalu.

Diketahui, pasca laga away Super Elja ke Batang beberapa waktu lalu, puluhan suporter PSS menjadi korban kerusuhan suporter. Tidak hanya mengalami luka-luka, puluhan Sleman fans juga mengalami kerugian kerusakan fisik kendaraan mereka. Ditaksir kerugian insiden tersebut mencapai Rp 300 juta.

Direktur Operasional PT PSS Rumadi mengatakan, suporter PSS telah menggalang dana untuk bantuan sejeka beberapa pekan lalu melalui tagar #songgobareng. Karena itu pihaknya juga perlu berfikir untuk ikut membantu para suporter yang jadi korban tersebut. “Kami akan mengkover kekurangannya, kebutuhannya berapa,” tuturnya.

Kejadian tersebut juga menjadi momen introspeksi kedua kelompok suporter. Pertemuan telah dua kali dilakukan di Muntilan atas inisiatif Kapolresta Magelang dan Kapolres Sleman. Dihadiri pula kepala daerah masing-masing.”Sepakat untuk deklarasi perdamaian. Bahwa suporter hanya perlu mendukung timnya,” imbuhnya.

Rumadi juga menyebut, selama ini tidak pernah ada masalah antara Magelang dan Sleman. Setelah pertemuan tersebut, masing-masing pihak menyesali dan masalah dinilai telah selesai. “Dari suporter, pemerintah, kapolresta, klub, juga ikut memberikan bantuan kepada korban yang luka-luka,” ungkapnya.

Dari segi tim, seluruh pemain dinilai dalam kondisi baik. Termasuk Tedi Berlian yang beberapa waktu lalu cidera parah disebut telah kembali ke tim Jumat siang. Setelah menjalani perawatan di RS Sardjito, ia dibolehkan pulang ke Bogor, tempat tinggalnya. “Dia punya fisik yang kuat,” ujar Rumadi.

Rencananya, setelah menghadapi MPFC, PSS akan menjajal kemampuan PSIS Semarang enam hari berselang. Selanjutnya tim akan berujicoba dengan tim lokal DIJ. “Uji coba sekalian safari Ramadan sampai nanti H-5 lebaran tim libur, dan H+2 sudah kembali latihan untuk pertandingan di awal Juli,” bebernya. (riz/din/ong)