RADARJOGJA.CO.ID – PEKALONGAN, Museum Batik Pekalongan berada di alamat jalan jetayu no 1 Pekalongan. Jawa Tengah.Peresmian berdirinya museum dilakukan oleh Bapak Presiden SBY pada tanggal 12 Juli 2006 bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional ke-59 yang perayaannya diselenggarakan di Kota Pekalongan.


Batu Peresmian di dalam Museum Batik Pekalongan.
Museum Batik Pekalongan diharapkan menjadi pusat informasi batik, pusat riset dan pengembangan batik, perpustakaan, dan ruang pamer batik klasik, batik lawasan, serta batik kontemporer. Sekaligus mempromosikan batik – batik buatan nusantara.


Tampak Di dalam Museum batik Pekalongan
Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala UPTD Museum Batik Pekalongan, Bambang Saktono menjelaskan, khusus Batik Pekalongan terkenal dengan pewarnaannya. Sangat berani.”Misalnya untuk Batik Solo, itu agak kecoklatan. Kalau kita sangat berani untuk warna-warnanya,” kata Bambang.

” Didalam Museum menyimpan semua koleksi batik pekalongan dan koleksi batik asal luar Pulau Jawa, diantaranya Batik Bengkulu motif Besurek, Batik Riau motif Dulorong Kembang, Batik Madura motif Ayam Alas Latar Banji, dan Batik Kalimantan Timur motif Aso Kepala Tumpal Pasung. Ada pula Batik Malaysia, Batik India motif Tiruan Patola, dan Batik Sri Lanka,” kata Bambang.

Bagi para wisatawan atau pengunjung Kota Pekalongan, jangan lewatkan untuk menyambangi Museum Batik Pekalongan. Di museum ini Anda akan mengetahui sejarah batik Pekalongan dan belajar membatik. ( Ade.s/ong)