RADARJOGJA.CO.ID – Usia Daihatsu lebih dari satu abad, di mana Daihatsu lahir pada 1 Maret 1907. Tahun ini, Daihatsu genap berusia 110 tahun.

“Daihatsu pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 1962,” kata Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura, pekan lalu.

Menyemarakkan momen spesial ini, Daihatsu menggelar 110 kegiatan di seluruh dunia. Gelaran event di Indonesia salah satunya adalah Daihatsu Dress Up Challenge 2017 atau modifikasi mobil merk Daihatsu.

“Kompetisi modifikasi mobil-mobil Daihatsu ini memberikan perhatian pada aspek keamanan dan kenyamanan bagi pengguna,” tegasnya.

Sementara itu, Promotion Departement Head PT Astra Daihatsu Motor Eko Priyanto menjelaskan, momen 110 tahun ulang tahun Daihatsu memang banyak even yang serba menggunakan angka 110.

“Pengguna loyal Daihatsu loyal berupa paket service gratis bagi mobil yang lebih dari 110 ribu kilometer,” paparnya.

Selain itu, ada juga program Daihatsu Setia berupa rekondisi 110 mobil bagi pemilik mobil jenis Xenia, Terios, Luxio dan Sirion. Program ini diberikan pada pelangan yang setia, di mana kilometer paling panjang adalah pemenangnya. Kerusakan spare part pada mobil diganti secara gratis.

Eko menegaskan, kegiatan sosial juga dilakukan dalam memeriahkan 110 tahun Daihatsu. Salah satunya melakukan perjalanan dengan mobil Terios di Indonesia bagian timur.

“Kami akan mendonasikan 110 ribu buku pada 110 sekolah. Selalu ada angka 110,” imbuhnya.

Menurutnya, pada bulan depan Daihatsu akan menjual atau mengeluarkan spesial edition dengan mendisplay 110 mobil produk Daihatsu. “Event ini akan dilakukan di Jakarta. Kami display 110 mobil jenis Xenia, Sigra, Luxio, Terios, dan Sirion,” katanya.

Menurut Eko, serangkaian 110 tahun Daihatsu ini, event yang menjadi andalannya adalah dress up challenge atau kompetisi modifikasi. Program ini dimulai sejak 2013, mobil yang dimodifikasi jenis Sirion.

“Kami mengenalkan dressup up pada 2013 jenis Sirion, karena penggunanya kaum muda. Kamu muda hobinya modifikasi,” jelasnya.

Tahun 2013, animo saat itu tak terlalu tinggi. Tahun ke tahun terus meningkat pesertanya. Pada 2014, pesertanya 50-an dan pada 2015 peserta 116 mobil. Tahun 2016, ada 160-an peserta.

“Dari 2013 – 2016, hanya Sirion yang program modifikasi. Tahun ini bertepatan dengan 110 tahun, kami buka semua jenis boleh ikut asal merk Daihatsu,” ungkapnya.

Eko mengatakan, kompetisi modifikasi mobil ini memperebutka n Rp110 juta. Jumlah mobil yang ikut modifikasi dan akan didisplay sebanyak 110 mobil.

“Di Jogjakarta, dari 110 mobil yang didisplay dalam kompetisi modifikasi tersebut, rinciannya 15 Taruna, 50 Sirion, 20 Ayla, 5 Terios, 10 Xenia, 5 Luxio, dan 5 Sigra. Totalnya ada 110 mobil,” tegasnya.

Tetsuo Miura menambahkan, produk Daihatsu membuktikan mampu menghasilkan produk yang sportif dan stylish bagi sahabat muda untuk dimodifikasi.”Kami mengapresiasi respons positif masyarakat Indonesia,” pintanya.(hes)