RADARJOGJA.CO.ID – Ribuan warga nahdliyin memadati Lapangan Paseban, depan kantor Bupati Bantul, Minggu (24/4). Kedatangan warga NU dari berbagai kampung di Kabupaten Bantul dalam rangka memeriahkan Harla NU ke-94 tahun.

Dalam acara itu, panitia menggelar apel kebangsaan dan istiqosah kubro yang dipimpin kiai Ahmad Zabidi.

Ketua Tanfidziyah PCNU Bantul, Haji Yasmuri menegaskan, warga nahliyin menolak gerakan yang ingin memecah belah persatuan bangsa. Sebagai organisasi terbesar di tanah air, NU akan selalu merawat dan menjaga NKRI dan Pancasila. “NU berada digarda terdepan menjaga pancasila dan NKRI,” kata Yasmuri.

Bupati Bantul Suharsono menyampaikan selamat kepada warga nahliyin karena NU sudah genap berusia 94 tahun. Menurutnya, peran NU di tanah air sangat besar terutama dalam mewujudkan negara RI yang berdaulat. NU juga ikut menjaga persatuan antar umat, kententraman serta menjaga ideologi pancasila.

“Peran NU menjaga keutuhan NKRI sangat besar. NU ikut memelihara keragaman dan kententraman di tanah air,” kata Suharsono.

Hadir pula Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Ketua DPW PKB DIJ Agus Sulistiyo, jajaran muspida Kabupaten Bantul, dan sejumlah anggota DPRD Bantul. Di tempat yang sama juga dilakukan penyerahan hibah mobil layanan umat dari Bank Mandiri kepada Pimpinan Cabang NU Bantul. (mar/dem)