RADARJOGJA.CO.ID – Disaat tim-tim lain sudah mematangkan komposisi pemain yang dimiliki, Persiba Bantul malah masih sibuk bongkar pasang. Terbaru, manajemen melepas tiga pemain yang dinilai di bawah ekspektasi tim pelatih. Ketiganya yaitu bek sayap Gatot Bhekti, bek tengah Budiono, dan striker Awaludin.

Media Officer Persiba Bantul Heri Fahamsah mengatakan, Budiono dan Bhekti tidak masuk dalam kerangka skema pelatih Purwanto Suwondo. Sedangkan Awaludin, terpaksa dilepas karena dinilai indisipliner. “Pelatih mempunyai penilaian tersendiri terkait pemain yang ada di dalam tim. Semua memiliki rapor dan catatan objektif. Semua diamati dan dipantau sejak bergabung sampai dengan saat ini. Ada yang progresnya meningkat, ada yang sedang dan ada juga yang menurun,” ujarnya.

Heri juga mengungkapkan, dari beberapa pemain yang masih dipertahankan ada di antaranya yang memiliki catatan tersendiri. Yaitu meskipun tetap dipertahankan namun diminta meningkatkan performa dan kualitas permainan dengan lebih disiplin dalam latihan. Seperti yang diungkapkan pelatih Purwanto sebelumnya, bahwa dia mengklasifikasikan pemainya dalam tingkatan tertentu.

Menurutnya, tidak lebih dari 18 pemain yang menurutnya layak untuk sekelas kompetisi Liga 2. Sementara sisanya harus bisa meningkatkan kembali kualitasnya agar setara dengan pemain di Liga 2.

Di sisi lain, Heri juga menjelaskan bahwa manajemen telah menyelesaikan proses negosiasi dengan empat pemain seleksi yang mendapatkan rekomendasi dari pelatih. Yaitu Arif Arifin Sutsuga, Andre Eka, Reja Putra Jaya, dan Ahmad Junaidi. Dari pelatih berharap, keempatnya bisa segera menyesuaikan dengan skema permainan tim dan bisa berkontribusi.

Persiba saat ini memiliki 23 pemain dan masih membutuhkan tiga pemain tambahan untuk posisi penyerang, penjaga gawang dan bek tengah. Yang paling mendesak tentu posisi penjaga gawang ketiga. Sebab Laskar Sultan Agung baru memiliki dua penjaga gawang. “Masih kami usahakan untuk mencari kiper ketiga sebelum didaftarkan ke operator kompetisi,” imbuhnya.

Pelatih Persiba, Purwanto Suwondo mengatakan, selain menggenjot performa fisik dan taktikal timnya, dia juga berusaha memompa mentalitas Slamet Widodo dkk agar siap bertarung di kerasnya Liga 2 musim 2017 mendatang. Salah satunya dengan kembali menghadapi sesama tim Liga 2 yaitu Persinga Ngawi, sore ini di Stadion Sultan Agung Bantul.

“Kami ingin lihat progres permainan pemain seperti apa. Terutama mentalitas bertanding. Jika bagus kami pertahankan, jika memang tidak sesuai kami kembalikan lagi ke manajemen untuk dicarikan gantinya,” tuturnya. (riz/eri)