RADARJOGJA.CO.ID – TNI kembali berpartisipasi dalam program pembangunan. Lewat program TNI Manunggal, mereka membuka akses jalan yang terisolir. Kini, jalan yang dibangun mulai dimanfaatkan masyarakat.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pelaksanaan TMMD memberikan manfaat bagi masyarakat. Baik sisi infrastruktur maupun perekonomian.

“Tugas TNI saat ini tidak hanya menjaga wilayah teroterial, namun juga mewujudkan ketahanan demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” kata Badingah saat acara TMMD ke-98 di Bangunsari, Candirejo, Semin, Rabu (5/4).

Badingah berharap, program pembangunan tersebut membuat TNI dekat dengan masyarakat. Harapannya, tujuan tersebut terwujud. Ia juga ingin TMMD Sengkuyung ke-98 di Desa Candirejo berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Khususnya menunjang kemajuan ekonomi,” tegasnya.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0730/GK Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Taufik Hanif mengatakan, TMMD di Semin tersebut meliputi sejumlah program.

“Mulai dari pembangunan fisik pembangunan cor rabat beton, pembuatan berem-berem, pembangunan masjid, hingga penyuluhan. Termasuk program pemberdayaan masyarakat,” kata Muhammad Taufik.

Program penyuluhan sendiri berkaitan dengan kegiatan bela negara, penganggulangan terorisme, hingga penyuluhan kesehatan mengenai penyakit yang berkembang di masyarakat.

“Kami bekerja sama dengan instansi terkait. Seperti kesbangpol, polres, dan dinas kesehatan,” ujarnya.

Ia menegaskan, program TMMD merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat. Juga memberikan pengetahuan dan pelatihan masyarkat dalam upaya meningkatkan kesejaheraan dalam perekonomian.

“TNI juga fokus ke sektor pertanian. Seperti menanam cabai dan penyediaan bibit,” katanya.(gun/hes)