RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL -Paham bahwa waktu yang dimiliki menata tim tidak banyak, tim pelatih Persiba Bantul memilih skala prioritas dalam mempersiapkan skuadnya. Salah satu yang akan diupayakan terlebih dulu adalah menggembleng fisik pemain agar mampu bermain spartan sepanjang pertandingan. Ya, mulai pekan ini Slamet Widodo dkk akan mendapat tempaan fisik.

Pelatih Persiba Purwanto Suwondo mengatakan, sebelum memulai tahapan latihan fisik, pemainnya akan menjalani tes Vo2Max terlebih dulu. Data angka awal Vo2Max akan menjadi acuan berapa poin yang perlu ditingkatkan di sisa waktu sebelum Liga 2 dimulai 19 April mendatang. Meskipun seperti diketahui beberapa pemain dengan usia di atas 25, apalagi dengan waktu hanya dua pekan, meningkatkan Vo2Max tidak akan terlalu signifikan.

“Mulai pekan ini kami akan tingkatkan fisik dan stamina pemain ke level hight. Harapanya mereka mempunyai ketahanan di lapangan bermain 90 menit,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (2/4). Tes fisik akan dilakukan di Stadion Sultan Agung Bantul, hari ini (3/4) ini.

Gemblengan fisik diperlukan, melihat hasil evaluasinya dari beberapa uji coba kemarin. Dalam laga uji coba trofeo melawan Porak Jaya dan Segoroyoso Allstar, Persiba memang berhasil meraih hasil positif. Yaitu 2-0 saat melawan Porak Jaya dan 3-0 atas Segoroyoso Allstars. Namun bukan kemenangan dan skor yang dilihat pelatih. Tapi bagaimana fisik pemain di lapangan. “Kemarin kan hanya 2×20 menit. Sementara di kompetisi pemain dituntut fokus sejak awal sampai akhir permainan,” tambahnya.

Pelatih yang baru menyelesaikan kursus pelatihnya lisensi B AFC ini mengungkapkan, masih banyak PR yang musti dikebut. Selain fisik pemain, ia masih perlu memberikan pemahaman strategi tim dan taktikal. Di sela-sela itu bisa disisipkan meningkatkan skill pemain. Belum termasuk untuk menambah pemain guna melengkapi skuad agar lebih kompetitif.

Disinggung mengenai pemain seleksi saat ini yaitu striker Ahmad Junaidi, ia menilai top scorer Liga Nusantara regional Jatim itu punya potensi masuk skuad. Namun pelatih masih akan melihatnya sampai beberapa hari ke depan sebelum direkomendasikan kepada manajemen. “Dia mempunyai potensi yang tinggi untuk bisa diduetkan dengan striker kami Nunung,” katanya. (riz/laz/ong)