RADARJOGJA.CO.ID – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bantul tak lepas dari perilaku pengemudi ketika berkendara di jalan raya. Salah satu pemicu terjadinya kecelakaan adalah pengemudi tidak mentaati dan mematuhi rambu lalu lintas.

Karena itu, Satlantas Polres Bantul mengimbau kepada pengemudi kendaraan bermotor, pejalan kaki, dan pengguna jalan yang lain selalu mentaati rambu lalu lintas. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kebanyakan kecelakaan itu terjadi karena faktor manusia, pengemudi yang tidak melanggar aturan lalu lintas,” kata Kanit Dikmas Satlantas Polres Bantul, Ipda Rosalia Novaliana S.Psi saat sosialisasi di SMAN 1 Piyungan, Rabu (29/3).

Rosa, sapaan akrab, Rosalia Novaliana, mengingatkan kepada pelajar yang belum memunyai SIM agar tidak mengemudikan sepeda motor/mobil sendiri. Sebab, tindakan nekad tersebut dapat membahayakan keselamatan. Jika nekad mengemudi maka dapat dikenai saksi tilang oleh polisi lalu lintas.

“Kalau belum punya SIM, ke sekolah dan pulang dari sekolah minta diantar keluarga atau naik ojek atau angkutan umum,” jelas Rosa. (mar)