RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Pelatih Persiba Bantul Purwanto Suwondo bergerak cepat dalam mempersiapkan timnya. Salah satunya dengan merencanakan ujicoba untuk mengamati perkembangan para pemain. Rencananya akhir pekan ini uji coba akan dilaksanakan di Stadion Sultan Agung Bantul.

Media Officer Persiba Hery Fahamsyah mengatakan, manajemen telah mendengar keinginan tim pelatih untuk kembali menggelar latihan tanding. Pihaknya mengaku akan mempersiapkannya dalam beberapa hari ke depan. “Akan kami upayakan, dan tempat kemungkinan di SSA. Namun untuk lawannya siapa masih akan kami cari,” ujarnya kepada wartawan kemarin (28/3).

Sedikit gambaran, yang paling mungkin bisa dijajaki adalah beberapa tim dari Liga 3 (Liga Nusantara) yang juga sedang dalam tahapan persiapan. Tim-tim yang bisa diapungkan diantaranya Gama FC, UNY FC, dan UAD FC. Namun juga tidak menutup kemungkinan dari tim Porda bisa jadi lawan Slamet Widodo dkk.

Baru bergabung dua hari, pelatih ingin melihat sesungguhnya kemampuan tim jika bertanding di lapangan. Termasuk nantinya melihat kekuatan dan kelemahan tim yang akan menjadi evaluasi sebelum bermain di Liga 2. “Uji coba tentu untuk melihat karakter pemain dan kami bisa mengenal permainan mereka. Yang sudah bagus ditingkatkan dan kelemahan harus segera diperbaiki,” tuturnya.

Dengan hanya ada waktu kurang dari tiga pekan, pelatih harus menggeber waktu persiapan lebih cepat untuk memoles tim. Itu termasuk memberikan pemahaman dan aplikasi skema permainan yang diinginkannya.

“Saya optimistis tim ini bisa lebih banyak berbicara di Liga 2. Banyak pemain muda dan pemain lokal bukan masalah. Dengan semangat dan kekompakan tim hasilnya akan lebih bagus,” ungkapnya. (riz/din/ong)