RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Persiba Bantul telah kedatangan pelatih anyar mereka, Purwanto, kemarin (27/3). Ia pun langsung memimpin latihan Slamet Widodo dkk di Lapangan Wirokerten Bantul.

Di hari pertamanya bersama Laskar Sultan Agung-julukan Persiba Bantul dia mengaku optimistis bisa memberikan yang terbaik bagi tim.”Sesuatu yang positif melihat antusiame dari para pemain untuk mengikuti latihan. Bagi saya itu nilai plus dan awal yang bagus,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (27/3).

Pelatih yang baru menyelesaikan kursus kepelatihan lisensi B AFC itu menyebut bahwa dia akan masih memantau pemain dalam 2-3 hari ini. Terutama dia ingin memfokuskan pada peningkatan kerjasama tim dan meningkatkan mentalitas bertanding. “Kira-kira dalam sepekan orientasi dulu ke pemantapan tim, diselilingi materi fisik 60 persen, skil 30 persen, dan 10 persen taktikal,” imbuhnya.

Setelah itu, dia baru akan memutuskan melihat progres latihan dalam uji coba. Ia tidak akan melihat dalam ujicoba tersebut tim menang atau kalah, namun bagaimana pemain bisa menerapkan skema dan strategi yang diberikan pelatih. “Lihat bagaimana pemain adaptasi dan bisa mengimplementasikan arahan pelatih. Mungkin akhir pekan ini akan ada uji coba,” imbuhnya.

Disinggung mengenai target dari manajemen, dia optimistis bisa merealisasikannya. Yaitu setidaknya bisa tetap mempertahankan Persiba di Liga 2 sampai akhir kompetisi. Sebab musim ini muncul wacana degradasi besar-besaran seperti yang diapungkan saat kongres PSSI Januari lalu.”Minimal bertahan di Liga 2, karena yang bertahan itu cuma 4 tim. Kami kira bukan target yang berat, tapi juga tidak ringan. Dengan pemain pengalaman dan komitmen mereka kami optimistis bisa merealisasikannya,” tuturnya.

Sedangkan mengenai tambahan pemain, dia menginginkan ada satu lagi stoper yang bisa mengimbangi kualitas Slamet Widodo. Sehingga benteng pertahanan tim bisa lebih kokoh dan percaya diri dalam bermain. “Sudah ada referensi,” ungkapnya. (riz/din/ong)