RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Persiba Bantul sudah tidak bisa lagi banyak bergantung pada sosok H Idham Samawi. Mantan bupati Bantul dua periode itu sudah memutuskan lebih berkonsentrasi menjalani kewajibannya sebagai wakil rakyat di Jakarta, ketimbang bolak-balik Jakarta-Jogja untuk mengurusi Persiba.

Karena itu, untuk mengarungi Liga 2 mendatang, tim memerlukan sokongan dana dari pihak sponsor untuk bisa survive. Sisi positifnya, tim saat ini sudah memiliki pelatih kepala definitif dalam diri Purwanto Suwondo.
Pelatih yang sebentar lagi mengantongi lisensi pelatih B AFC bisa memimpin latihan Slamet Widodo dkk mulai pekan depan. Sehingga dari sisi skuad sudah bisa mempersiapkan diri maksimal dalam waktu sebulan mendatang.
Untuk bisa menjalani kompetisi, manajemen Persiba Bantul mulai fokus untuk mencari dukungan sponsor. Sebab, untuk kebutuhan tim Liga 2, angka yang dibutuhkan bisa mencapai miliaran rupiah. Jumlah tersebut yang utama untuk biaya gaji pemain, operasional tim dan pelaksanaan pertandingan kandang.

Media Officer Persiba Bantul Heri Fahamsyah mengatakan, biaya yang diperlukan untuk Liga 2 jelas lebih besar dibandingkan saat ISC-B lalu. Karena itu beberapa sponsor sudah mulai diincar untuk nantinya bisa menyokong Laskar Sultan Agung. Proposal sponsorship juga sudah dilayangkan manajemen. “Beberapa sponsor di Jakarta sudah kami ajukan proposal. Komunikasi intens masih kami lakukan,” ujarnya.

Sejauh ini Persiba baru bersepakat dengan penyedia apparel lokal yang akan menyuplai kebutuhan tanding tim. Sementara sponsor lainnya belum ada yang bersepakat dengan manajemen. “n karena memang kami juga belum ada gambaran berapa nominal yang kami perlukan. Sebab regulasi, pembagian grup dan jadwal juga belum dikeluarkan oleh PSSI dan operator liga,” imbuhnya.

Pihaknya berharap akan segera ada sponsor yang mau bekerjasama dengan manajemen. Termasuk secepatnya PSSI dan operator liga memberikan kepastian kepada peserta kompetisi Liga 2. “Sementara kami masih persiapan dengan latihan dan diselingi uji coba. Rencananya tim akan menggelar uji coba ke Purworejo pada Jumat (24/3) ini. Setelahnya kembali bermain dengan tim lokal,” bebernya. (riz/din/ong)