RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Muncul di akhir-akhir tenggat pendaftaran bakal calon ketua umum KONI DIJ, bukan berarti Irjen Pol (Purn) Haka Astana minim dukungan. Kerabat Keraton Jogja KRT Poerbokusumo justru menjagokan mantan kapolda DIJ itu untuk menjadi ketum KONI menggantikan GBPH Prabukusumo.

Acun, sapaan akrab KRT Poerbokusumo mengenal Haka sejak lama. Sebab Haka adalah teman ketika SMP. Menurutnya, Haka adalah seorang penggila olahraga sejak muda. “Dia bahkan membangun hall olahraga di rumahnya. Tidak hanya untuk diri sendiri namun warga sekitar. Karena itu menurut saya dia orang yang tepat untuk memimpin KONI,” ujarnya.

Pelindung organisasi olahraga otomotif PPMKI itu juga mengatakan, mengenai jiwa kepemimpinan Haka tentu tidak perlu disangsikan. Sebelum pensiun, Haka pernah memimpin institusi kepolisian di Jogjakarta. Sejak kapolresta sampai dengan kapolda. “Jabatan terakhirnya asisten SDM Polri. Sudah mengenal iklim di Jogja sejak lama. Karena itu saya kira beliau sudah mumpuni dan KONI akan maju di bawah kepemimpinan Haka,” tuturnya.

Musyawarah Olahraga Daerah (Musorda) KONI DIJ rencananya akan digelar di Sahid Rich Hotel, Jalan Magelang, Sleman besok. Sebelumnya ada empat bakal calon yang bertarung, yaitu Haka Astana, Pramana, KPH Indrokusumo, dan Hadianto Ismangoen. Namun belakangan bakal calon hanya tinggal tiga karena Pramana yang juga Ketum KONI Sleman memilih mengundurkan diri. (riz/din/ong)