RADARJOGJA.CO.ID – Era digitalisasi sudah merambah ke semua bidang. Karenanya, semua perusahaan dituntut untuk beradaptasi di bidang IT. Dengan IT, kemudahan dan transparansi bisa dilakukan, di antaanya lewat e-Procurement.

Salah satu perusahan yang mengurusi e-Procurement adalah PT Abyor International. Perusahaan ini sudah menggarap beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.

“Digitalisasi berbagai aktivitas procurement akan memudahan sebuah perusahaan mengelola proses pengadaan sesuai dengan prinsip tata kelola organisasi yang baik. Penggunaan aplikasi e-Procurement juga memastikan proses pengadaan di perusahaan tersebut berlangsung lebih transpaan dan profesional,” kata Presiden Direktur PT Abyor International Hari Tjahhjono, usai acara Go-Live e-Procurement di Jogjakarta, Rabu (22/3).

Hari meneruskan, salah satu BUMN yang memanfaatkan adalah anak perusahan Garuda Indonesia, PT Aerofood ACS. “Kami pangga, produk ProcurA® yang kami kembangkan bisa berperan dalam merealisasikan visi Aerofood ACS di bidang pengadaan menjadi solusi nyata yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak yang terlihat,” tegas Hari.

Dipaparkan Hari, PT Abyor International merupakan perusahaan layanan teknologi infomasi (IT) berskala internasional. Tidak hanya di Indonesia, perusahaan ini melayani klien di seluruh dunia.

“Kami memberi layanan transaksi, layanan konsultasi dan teknologi, integrasi sistem dan layanan terkelola,” katanya.

Perusahaan ini telah mengembangkan produk e-Procurement bernama ProcurA® sejak 2014 dan diimplementasikan di BUMN.

“Khusus dengan PT Aerofood ACS, implementasi project ini dilaksanakan sejak November 2016 hingga Januari 2017 melalui tiga tahapan,” kata Direktur Keuangan PT Aerofood ACS Indonesia Ferry Toga.

Adapun tahapannya, pertama tim implementasi dari Abyor mempelajari ‘gap’ antara ProcurA® dengan bisnis proses Aerofood ACS secara mendalam. Berikutnya, pengembangan fitur-fitur yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang terindentifikasi dan uji coba aplikasi untuk memastikan semua fitur yang dikembangkan berjalan baik.

“Terakhir, Abyor memberikan pelatihan kepada Aerofood ACS untuk menggunakan aplikasi e-Procurement. Dalam implementasi tersebut, kedua pihak saling memberikan masukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” katanya.(Hes/Dem)