RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO-Satu alat berat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo akan diturunkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan di Desa Pekacangan, Kecamatan Bener, Purworejo, hari ini.
Bantuan peralatan ini didatangkan karena pembersihan material tidak bisa difokuskan ke lokasi saja. Sebab, ada beberapa titik longsoran yang terjadi di desa tersebut akibat hujan deras yang terjadi Sabtu (18/3) lalu.

Kepala Desa Pekacangan Ponirin Suprapto mengatakan, longsor yang terjadi di wilayahnya terjadi bersamaan dengan beberapa bencana yang ada di beberapa titik di Kabupaten Purworejo. Setidaknya lima titik longsoran yang terjadi, dua mengenai permukiman penduduk, sementara satu berada di jalan desa. “Longsor ada di Dusun Sicengel, Sidondong dan Ngabean. Ada dua rumah yang sempat terdampak di Dusun Sicengel dan Dusun Ngabean,” kata Ponirin, kemarin (23/3).

Menurut Ponirin, rumah yang terkena longsoran tidak mengalami kerusakan berarti karena hanya mengenai dapur dan bagian depan rumah saja. Hanya saja longsoran lain cukup mengganggu karena menimpa jalan desa. “Yang paling parah di Dusun Sidondong karena tepat di pertigaan yang menjadi penghubung dengan desa Wadas, Bedono, dan Bleber,” tambahnya.

Akibat longsoran ini juga mengakibatkan enam kepala keluarga terisolasi tidak bisa bepergian menggunakan kendaraan. Mereka terpaksa berjalan kaki jika ada keperluan. “Longsorannya cukup panjang sekitar 15 meter, sedangkan tebing yang longsor ketinggiannya sekitar 3 meter,” imbuh Ponirin.

Kepala BPBD Purworejo Boedi Hardjono mengatakan, kondisi di lokasi longsor memang amat membutuhkan alat berat dan butuh penanganan segera. (udi/din/ong)