RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Kompetisi sepak bola Indonesia bakalan ramai di akhir April mendatang. Tidak hanya karena Liga 1 dan Liga 2 akan bergulir, Liga 3 dan Piala Suratin di DIJ juga akan mulai diputar.

“Kepastiannya kami masih menunggu rapat Asprov PSSI DIJ pekan ini. Kami berharap untuk Liga 3 dan Piala Suratin bisa diputar akhir April nanti,” ujar Direktur Kompetisi dan Pertandingan Asprov PSSI DIJ Ediyanto kemarin (23/3).

Dengan diputar April, dia berharap putaran pertama bisa selesai sebelum memasuki bulan puasa. Selanjutnya putaran kedua dilanjutkan setelah Lebaran. Ediyanto juga mengatakan, selepas Lebaran juga akan dimulai kompetisi untuk jenjang U-15.

“Bulan ini sudah ada kompetisi atau turnamen U-13 dan U-16,” imbuhnya.

Turnamen memang harus segera diputar. Karena sesuai instruksi PSSI pusat, semua jenjang kompetisi di tingkat Asprov harus selesai pada Agustus. Kemudian pada September diteruskan untuk jenjang regional atau nasional.

Mengenai tim Liga 3, ada 13 klub yang berhak mengikuti di Regional DIJ. Tim-tim itu erdiri dari Gama FC, UNY FC, UAD FC, Tunas Jogja, Persikup Kulonprogo, Satria Adikarta Kulonprogo, Protaba Bantul, Persig Gunungkidul, Gelora Handayani Gunungkidul, Rajawali Semanu, Sleman United. Dua tim lainnya adalah tim baru Jogja Istimewa Football dan Hizbul Wathan UMY. “Kami harap semuanya bisa ikut,” harapnya.

Selanjutnya, 13 tim akan dibagi dalam dua grup. Karena sesuai ketentuan setiap tim minimal bermain sebanyak 10 kali. Juara di tiap regional akan melaju ke tingkat nasional. Namun bagi regional yang timnya di bawah 10 akan menjalani playoff sebelum lolos ke tingkat nasional. Juara Liga Nusantara musim lalu adalah Perseden Denpasar yang di partai puncak menekuk PSN Ngada 2-0.

Sementara untuk Piala Suratin, terjadi kejutan karena juara bertahan Persab Brebes dipastikan tidak akan berpartisipasi. Dari undian grup dan jadwal di Regional Jawa Tengah tidak ada nama Persab Brebes. Dari informasi yang dihimpun, hal itu dikarenakan saat tenggat waktu pendaftaran tim, di Kabupaten Brebes masih dalam masa pilkada.

Sedangkan untuk teken surat pendaftaran yang disertai anggaran dana harus dilakukan oleh ketua umum Persab Brebes yang juga Bupati Brebes petahana. Sampai dengan penutupan pendaftaran, masalah tersebut belum terselesaikan. (riz/din/ong)