RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO – Jeruji besi tak ubahnya rumah kedua bagi Eko Budiyanto, 21, warga Desa Sidoharjo, Purworejo. Bagaimana tidak, tercatat sudah enam kali yang bersangkutan mendekam di dalamnya.

Kasus terakhir yang mengantar Eko ke rumah keduanya adalah aksi pencurian dengan jalan membongkar sebuah toko di Kecamatan Purwodadi. Aksinya berhasil dilacak petugas dan berhasil menangkapnya saat berada di bekas lokasi prostitusi Gunung Tugel, Kutoararjo.

“Pelaku melakukan aksinya di awal bulan ini di toko milik Suparno warga Desa Purwodadi. Dia masuk ke dalam toko dan menggasak barang-barang berharga di dalamnya,” kata Kapolsek Purwodadi AKP Sugiyanto kemarin (21/3).

Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti, antara lain, dua buah handphone merk Samsung berikut power bank. Pelaku sendiri harus mempertangungjawabkan perbuatannya dan menginap di Polsek Purwodadi.

“Dari catatan kriminal yang dilakukannya, pelaku sudah beberapa kali melakukan aksi ini. Jadi ini memang bukan yang pertama kali, ya bisa dikatakan dia spesialisnya,” tambah Kapolsek.

Kapolsek mengatakan pihaknya akan mendalami kasus itu, apakah Eko merupakan sebuah komplotan atau bekerja sendirian. “Dari pengakuannya sementara, ia melakukan aksinya seorang diri,” kata Sugiyanto.

Atas perbuatannya, pelaku diduga melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. (udi/laz/ong)