RADARJOGJA.CO.ID Puluhan desa di Kulonprogo digemparkan kiriman paket proposal workshop dan DVD terkait partai komunis Tiongkok. Paket itu kini sudah diamankan Kodim setempat. “Kami menerima paketnya 7 Maret via pos,” ucap Kepala Desa Giripeni, Kecamatan Wates, Priyanti, Senin (20/3).

Dijelaskan, paket itu berisi satu berkas proposal workshop kesehatan dan tiga keping DVD. Satu keping berjudul Kultivasi Menuju Pencerahan yang berisi tayangan latihan gerak yoga. Sedangkan dua keping lainnya berjudul Sembilan Komentar Mengenai Partai Komunis yang menayangkan adegan kekejaman Partai Komunis Tiongkok terhadap sebuah kelompok yang disebut Falun Dafa.

“Format videonya serupa gambar jadul dalam versi hitam putih,” jelasnya.
Berdasarkan informasi, ada 27 desa yang menerima kiriman paket serupa pada rentang waktu sekitar awal Maret.

Antara lain di wilayah Kecamatan Wates, Sentolo, Panjatan, Galur, dan Lendah. Adapun pengirimnya menamakan diri “Sehat Bersama Falun Dafa” dan beralamat di Jalan Kaliurang KM 6, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kulonprogo Tri Wahyudi menyatakan, temuan paket itu masih didalami Kodim 0731/Kulonprogo dan dibahas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Komite Intelijen Daerah.

“Belum ada kesimpulan atas isi paket tersebut. Semua masih dalam kajian kami. Kalau tujuannya memengaruhi masyarakat secara ideologi atau apa saja, kita patut waspadai,” ucapnya.

Menurutnya, isi video berjudul Sembilan Komentar mengenai Partai Komunis itu lebih banyak bercerita tentang kekejaman yang dilakukan Partai Komunis Tiongkok terhadap kelompok yang menamakan diri Falun Dafa tersebut.

Hanya saja, adegan kekerasan dalam video tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan dampak kejiwaan apabila ternyata diakses anak-anak.

Ada beberapa wilayah kecamatan lain yang belakangan juga mendapat kiriman serupa. “Kami juga sudah menginformasikan kepada masyarakat bila menemukan paket serupa harap langsung melapor ke babinsa atau babinkamtibmas,” katanya. (tom/din/mar)