RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fachri Husaini menginginkan pemain yang ada dalam skuadnya mempunyai semangat bermain tinggi. Dia butuh pemain yang pemberani dan kuat secara fisik maupun mental.

“Berani merebut bola, percaya diri dan punya visi bermain. Selain juga punya teknik dan karakter sepak bola Indonesia. Yaitu punya kemampuan bermain dengan bola pendek cepat,” ujarnya saat melakukanseleksi tim nasional (timnas) U-16 region V di Stadion Mandala Krida kemarin pagi (17/3).

Khusus untuk beberapa posisi tertentu Fachri menginginkan pemain yang diseleksi setidaknya mempunyai postur setinggi 170 sentimeter. Yaitu untuk pos striker, center back dan kiper.

Sebanyak 52 pemain mengikuti seleksi region V ini. Mereka berasal dari DIJ, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTT. Sebelumnya, seleksi tingkat regional sudah dilaksanakan di Jayapura, Makasar, Balikpapan, dan Medan.

Sedangkan wakil dari beberapa provinsi yang belum mengikuti seleksi di lima region yaitu NTB, Banten, Jawa Barat, Lampung, Bengkulu, dan Palembang akan bergabung dalam seleksi region VI di Jakarta pada 20-21 Maret mendatang.

Fachri dibebani target bisa juara Piala AFF U-15 pada Juli mendatang di Bangkok. Kemudian membawa Garuda Muda lolos kualifikasi Piala Asia U-16 pada September nanti. Jika mampu menjadi semifinalis maka bisa mendapat tempat di Piala Dunia U-17 pada 2019.

Dalam proses seleksi kemarin, dilaksanakan dengan menggelar game internal. Pemain dibagi menjadi empat tim dan menjalani pertandingan. Sementara tim pelatih mengamati dari pinggul lapangan. Proses seleksi dilaksanakan selama dua hari hingga hari ini.

Selanjutnya pemain yang lolos tersebut akan kembali menjalani seleksi tingkat nasional di Jakarta pada akhir bulan ini. Selama TC di Jakarta akan diambil sekitar 25-30 pemain. Dalam seleksi kemarin, menurutnya ada beberapa pemain yang potensial. “Ada beberapa yang cukup bagus, seperti di gelandang, fullback ada juga striker. Namun masih kami pantau lagi,” tuturnya.

Dalam sesi game, salah satu peserta seleksi asal NTT, Marcelinus Fanmankumi mengalami dislokasi siku setelah terlibat insiden dengan pemain lainnya. Pemain tersebut lalu dibawa ke RS Bethesda untuk penanganan lebih lanjut. (riz/din/ong)