RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO-Gagasan Bupati Purworejo Agus Bastian dengan kegiatan Romansa Purworejo 2020 harus didukung semua pihak. Tak terkecuali dukungan dari para seniman. Terlebih lagi kegiatan itu dijadikan sebagai tahun kunjungan wisata. “Kreativitas dan sentuhan seni diharapkan akan menjadi daya tarik,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Surahman Iriyanto, kemarin (15/3).

Lewat kegiatan inilah para seniman bisa mengambil peran dalam pembangunan di Kabupaten Purworejo. Sebagai seniman, mereka juga harus kreatif. Menurutnya, banyak seni yang bisa digarap sehingga bisa menjadi pendukung utama sebuah kawasan wisata. Adanya gerakan ini jelas akan memiliki banyak manfaat baik bagi masyarakat maupun pelaku seni itu sendiri. “Semuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dukungan dari para pelaku seni semakin dibutuhkan. Terlebih lagi dengan pembangunan Alun-Alun Purworejo dan Pendopo Purworejo. Lokasi itu menjadi pusat kawasan kebudayaan yang akan dilengkapi dengan art center, museum, dan pusat kuliner.”Kelompok-kelompok seni bisa menghidupinya dengan mengadakan latihan atau pementasan rutin di kawasan itu,” katanya.

Ketua Dewan Kesenian Purworejo Angko Setyarso Widodo menyambut baik adanya pelibatan DKP dalam sejumlah program pemerintah. Pihaknya berjanji akan turut mewarnai Purworejo dalam berbagai bidang melalui kesenian.

DKP akan terus mengawal kebijakan pemkab demi kemajuan Purworejo dalam berbagai bidang. Pihaknya mengingatkan agar pemkab memiliki desain yang jelas dalam mengembangkan seni budaya Purworejo.”Kami siap memberikan masukan kepada pemkab,” jelasnya.(udi/din/ong)