RADARJOGJA.CO.ID – Satlantas Polres Bantul mengingatkan kepada para pelajar tidak mengemudikan kendaraan sepeda motor dan mobil. Peringatan ini ditujukan bagi para pelajar yang belum mengantongi surat ijin mengemudi (SIM).

“Kalau belum punya SIM yang jangan mengemudikan sepeda motor. Akibatnyanya bisa fatal, bisa jatuh atau tabrakan dengan kendaraan lain,” kata Kanit Dikmas Satlantas Polres Bantul, Ipda Rosalia Novaliana S.Psi dalam sosialisasi di SMAN 1 Pajangan, Selasa (14/3).

Inilah siswa SMAN 1 Pajangan yang mendapatkan hadiah jas hujan dari PT Jasa Raharja. (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)

Selain itu, Rosa, sapaan akrab Rosalia, pelajar yang sudah memunyai SIM agar selalu mentaati dan mematuhi rambu lalu lintas jalan. Sebab, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Bantul lebih banyak disebabkan oleh perilaku pengemudi bukan kondisi jalan.

“Yang belum punya SIM ya berangkat dan pulang sekolah minta diantarkan orang tua, saudara, naik angkutan umum atau ngojek. Sayangi nyawa sebelum musibah menimpa diri kita,” ingat Rosa.

Plt Kepala SMAN 1 Pajangan, Harjanto mengapresiasi kegiatan road show sosialisasi UU Lalu Lintas dan tata cara pengurusan santunan kecelakaan PT Jasa Raharja. Menurutnya, kegiatan sangat positif mengingat materi yang disampaikan Satlantas Polres Bantul dan PT Jasa Raharja belum pernah disinggung di bangku kegiatan belajar mengajar.

“Kalau perlu kegiatan ini dilakukan setiap tahun ajaran baru supaya anak-anak tahu, wawasan para siswa semakin luas,” kata Harjanto.

Dalam kesempatan itu, Satlantas Polres Bantul sempat memberikan helm kepada siswa yang mengajukan pertanyaan. Begitu pula dengan PT Jasa Raharja, Humas PT Jasa Raharja DIJ Wahyu Agung memberikan doorprize jas hujan kepada siswa yang berani mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. (mar/dem)