RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Giat kerja bakti bersama warga tengah digalakkan oleh Koramil di wilayah Sleman. Mulai dari membantu membangun saluran irigasi maupun membuat talud penahan jalan.

Anggota Koramil13/Seyegan melaksanakan giat kerja bakti bersama relawan dan masyarakat Barak, Margoluwih, Seyegan. Mereka memperbaiki saluran irigasiyang sudah tidaklancar akibat sampah dan tanah yang mengendap.

Danramil 13/Seyegan KaptenArhSukoharjana memerintahkan Babinsanya Serka Suprapto untuk berkoordinasi dengan dengan kepala desa dan perangkatnya untuk kerja bakti. Kegiatan tersebut terdiri dari anggota Koramil 13/Seyegan serta warga Dukuh Barak dan sejumlah relawan.

Sukoharjana mengungkapkan, dalam beberapa bulan ini intensitas hujan memang cukup tinggi di wilayah Sleman, khususnya Kecamatan Seyegan.

“Jadi masyarakat khawatir jika nanti banjir karena tersumbatnya aliran sungai yang mengakibatkan rusaknya talud. Sebab nantinya bisa mengganggu petani untuk mengairi sawahnya,” ungkapnya kemarin.
Irigasiini merupakan satu satunya andalan utamapetani guna mengairi sawahnya. Berkat kerjasama antara warga dan anggota TNI ini maka pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

“Masyarakat terlihat sangat antusias sekali karena dibantu oleh aparat TNI khususnya koramil 13/Seyegan. Mereka saling bahu membahu guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkap Camat Seyegan Budi Sutamba.
Kepala Desa Margoluwih Sunaryo menuturkan, kegiatan ini membawa manfaat untuk warga. “Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Juga menumbuhkan tali silaturahmi TNI dan warga,” jelasnya.

Sementara itu, Koramil 03/Turi dan Kodim 0732/Sleman melaksanakan kegiatan membantu pemerintah daerah dalam bentuk karya bhakti di Dusun Plosokuning, Bangunkerto, Turi. Anggota Koramil 03/Turi membantu pembuatan talud penahan jalan sepanjang 150 meter, Minggu (12/3) lalu.

Danramil 03/Turi Kapten Cpl Darsiwan yang memimpin langsung kegiatan karya bhakti tersebut mengatakan, giat ini merupakan sarana mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.
Sasaran karya bhakti merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, serta meningkatkan akselerasi pembangunan nasional.

“Kalau tidak dibuat talud, ketika terjadi hujan, tanah di pinggir jalan dapat tergerus dan menyebabkan longsor. Untuk itu sebelum terjadi hujan lebat kami lakukan pembangunan talud,” tambah Danramil di sela-sela karya bhakti.
Dalam karya bhakti tersebut Koramil 03/Turi mendapat bantuan tenaga dari Kodim 0732/Sleman 25 orang yang membaur bersama warga. (yog/ila/ong)