RADARJOGJA.CO.ID – Pelatih PSS Sleman Freddy Muli terus berbenah memperkuat skuadnya. Lini pertahanan yang menjadi titik pembenahan. Kegagalan meraih kemenangan di Piala Presiden 2017 lalu harus tak terulang saat kompetisi bergulir nanti.

Don Freddy pun menambah kedalaman palang pintungnya. Duet Waluyo dan Jodi Kustiawan yang tampil apik di Piala Presiden perlu mendapatkan pengganti sepadan. Apalagi, pada kompetisi Liga 2 mendatang, pertandingan bakal berlangsung ketat.

Setiap tim, diprediksi harus melakoni 20 laga semusim. 20 laga itu pun tak dilangsungkan setiap akhir pekan. Laga bisa saja digelar tengah pekan. Artinya selama seminggu, setiap tim harus menjalani dua sampai tiga pertandingan.

Demi kedalaman skuad tersebut, stopper muda asal Pusamania Borneo FC digaet. Syaiful Anwar. pemain muda yang masih berusia 22 tahun itu menjalani seleksi di PSS. Ia masih akan dipantau selama sepekan oleh tim pelatih apakah permainannya sesuai dengan karakter dan kebutuhan tim.

“Dari tim pelatih kasih waktu satu minggu untuk dia membuktikan diri. Meski pengalaman, tim pelatih ingin melihat performa individunya selama tujuh hari ke depan,” ujar manajer PSS Sleman Arif Juli Wibowo.

Pelatih PSS, Freddy Muli menambahkan, selain dengan memperdalam sekuadnya, dirinya juga mengagendakan banyak uji coba. Lima kali uji coba termasuk pertandingan kandang dan tandang sedang disusun.

Porsi kandang dan tandang masih akan disesuaikan setelah berkomunikasi dengan manajemen. “Ujicoba ini untuk melihat nanti sejauh mana taktik dan strategi yang kami inginkan berjalan di lapangan. Sementara untuk ujicoba di luar kandang, kami ingin mental pemain lebih kuat. Kalau main di kandang, menang itu sudah biasa,” ujarnya.

Selama ini, PSS memang tampil digdaya di kandang sendiri. Terlebih dengan dukungan suporter yang selalu penuh saat Busari dkk bertanding. Namun Don Freddy ingin pemainya mempunyai mental kuat saat bermain di luar Sleman. Apalagi Liga 2 nanti menurutnya akan lebih sulit dibandingkan kompetisi tahun-tahun sebelumnya.

“Jangan hanya puas dan nyaman main di kandang karena banyak penonton. Kalau tandang akan terlihat bagaimana mental, psikologis pemain saat ditekan lawan dan pendukung lawan,” bebernya.

Meskipun memerlukan banyak ujicoba, ia meminta pemainya lebih berhati-hati dan menjaga diri saat bermain. Terakhir saat bertemu tim Liga 3 UNY FC, tiga pemainya mengalami cidera ringan. YaituDirga Lasut, Arie Sandy, dan Angga Setiawan. Mereka harus berlatih terpisah dari pemain yang lainnya.(riz/eri)