RADARJOGJA.CO.ID –Peribahasa tua-tua keladi, makin tua makin menjadi cocok dialamatkan pada warga Purbosari, Wonosari. Kakek berinisial, IR, belum lama ini kembali berurusan dengan polisi dengan kasus serupa. Yakni, perkara narkotika.

Penangkapan IR berawal dari informasi warga. Akhir pekan lalu, IR hendak mengkonsumsi narkotika jenis sabu-sabu di Jalan Baron, Purwosari, Baleharjo. Petugas bergerak cepat dan langsung menangkapnya.

Dari tangan IR, petugas mengamankan barang bukti berupa satu paket kecil sabu dengan berat sekitar 0,3 gram, dua buah telepon genggam, satu buah sedotan, dan alumunium foil.

“Pelaku IR ditangkap dari hasil pengembangan kasus sebelumnya,” kata Kabaurbinops Satresnarkoba Polres Gunungkidul, Iptu Enny Widyastuty, Kamis (9/3).

Menurut Enny, aktifitas IR dalam dunia narkotika bukan hal baru. Dalam kasus serupa, tersangka sudah dua kali masuk penjara. Saat dimintai keterangan, yang bersangkutan berdalih alasan mengkonsumsi sabu karena depresi.

Akibat perbuatannya, IR melanggar Pasal 112 sub 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Tersangka terancam hukuman penjara selama empat tahun. Dari hasil penyidikan, IR terbukti menyalahgunakan narkotika jenis sabu.

Sebelumnya, Polres Gunungkidul berhasil menangkap lima orang tersangka peredaran psikotropika Yarindu. Memasuki Februari, tiga orang tersangka ditangkap karena menyalahgunakan dan mengedarkan tembakau gorilla.(gun/hes)