RADARJOGJA.CO.ID – Keberadaan kaum rois di tengah masyarakat tak luput dari perhatian Pemkab Bantul. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam acara Pemberdayaan Kaum Rois Kecamatan Sanden di Kantor Kecamatan Sanden, Selasa (7/3).

Dalam kesempatan itu, Halim mengapresiasi atas pengabdian para Kaum Rois yang telah menjaga kerukunan dan keharmonisan umat beragama di Kabupaten Bantul. Menurutnya, urusan pembinaan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan menjadi kewajiban semua elemen masyarakat.

“Kaum rois memiliki peran strategis dalam melayani kebutuhan sosial masyarakat, dari melayani pengurusan orang meninggal dunia (fardhu kifayah hukumnya dalam agama Islam), memimpin majelis doa, membimbing umat dengan pengajian-pengajian dan contoh suri tauladan di lingkungannya,” kata Halim.

Halim mengajak kepada kaum rois untuk selalu memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang dari berbagai agama dan karakter. “Teruslah menjalankan layanan keagamaan agar kerukunan dan keharmonisan di Bantul ini dapat kita jaga dan lestarikan,” pinta Halim.

Sekretaris Kecamatan Sanden Rudi Suharta meminta Kaum Rois di Kecamatan Sanden selalu mendorong terciptanya masyarakat yang damai dan selalu menjaga iklim sejuk. “Kaum rois merupakan ujung tombak menciptakan iklim kondusif dilingkungan padukuhan masing-masing,” kata Rudi.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Bantul Sukendro mengatakan, rois merupakan mitra pemerintah dalam menjaga kedamaian dan menciptakan iklim sejuk di masyarakat.

“Peran kaum rois ikut membina umatnya dapat mewujudkan suasana kondusif adem ayem tentrem sehingga jalannya program-program Pemerintah Daerah dapat terlaksana dengan baik,” jelas Sukendro. (mar/dem)