RADARJOGJA.CO.ID – Bupati Bantul Suharsono resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) Bantul 2017. Pembukaan even tahunan ini dipusatkan di lapangan Trirenggo Bantul, Selasa (7/3) dengan dimeriahkan drum band Gita Srikandi SMPN 1 Pandak dan kontingen atlit pelajar dari 17 kecamatan se Kabupaten Bantul.

Even yang diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA. Even ini berlangsung mulai 7 Maret hingga 18 Maret 2017. Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu sebanyak 23 cabang olahraga dengan jumlah atlit dan official sebanyak 5950 orang. Nantinya, even perlombaan dipusatkan di Stadiun Sultan Agung dan tempat lain yang sudah ditentukan oleh panitia.

Bupati Bantul Suharsono berharap Pekan Olah Raga Pelajar di Kabupaten Bantul tidak sekadar agenda tahunan melainkan menjadi momentum mencari bibit unggul dibidang olahraga.

“Pekan Olahraga Pelajar menjadi awal penjaringan bibit-bibit potensial, atlet pelajar berbakat yang dapat dibina untuk mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional dan internasional,” kata Suharsono.

Menurutnya, paradigma keolahragaan harus dibangun bagaimana atlet-atlet pelajar mampu berprestasi ditingkat daerah dan nasional. Sehingga, satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan bisa mampu memantau, menggali, memandu dan membina potensi pelajar.

“Pelajar yang membawa harum Kabupaten Bantul melalui prestasi di bidang olahraga harus diapresiasi dengan memberikan penghargaan berupa pemberian beasiswa, keringanan biaya pendidikan, dispensasi maupun pemberian nilai akaemik yang wajar,” jelas Suharsono. (mar/dem)