RADARJOGJA.CO.ID – Calon Bupati Kulonprogo terpilih Hasto Wardoyo akan dilantik Rabu (8/3). Ekspektasi warga terhadap alumnus Fakultas Kedokteran (FK) UGM 1985 tersebut cukup tinggi. Harapan itu terkuak dalam Bedah Rumah Alumni FK UGM 1985 (4/3).

Kegiatan itu juga dihadiri Assda I Arif Sudarmanto, Kepala Dinas Kesehatan Bambang Haryatno, Kabag Kesra Arif Prastowo, dan Kabag Rumah Tangga Bowo Pristiyanto.

“Terima kasih saya sampaikan pada teman-teman Pak Hasto yang membantu bedah rumah ini. Semoga teman-teman dokter yang lain bisa berwisata sosial ke Kulonprogo, masih banyak warga yang perlu bantuan,” kata Arif Sudarmanto.

Hasto selama menjabat periode sebelumnya mendapat banyak prestasi. Tidak hanya termasuk 10 bupati terbaik se-Indonesia versi beberapa media. Hasto juga mendapat anugerah Tata Kelola Pemerintahan No 1 di Indonesia.

“Sebanyak 800 rumah dibedah tanpa dana APBD. Membuat Air minum AirKu, dan Batik Geblek Renteng. Setelah pelantikan, mudah-mudahan prestasi tersebut bisa dipertahankan dan akan lebih baik lagi,” kata Arif Sudarmanto.

Koordinator kegiatan Alumni FK UGM 1985, Bambang Edi Susianto mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Dies Natalis FK UGM. Kegiatan di Kulonprogo berupa seminar dan bakti sosial bedah rumah dua paket dan penyerahan bantuan ke panti asuhan.

Hasto mengatakan peserta bedah rumah tersebut adalah temantemannya selama dia kuliah di UGM. Sedangkan warga Kaliagung ikut membantu suksesnya acara bedah rumah tersebut. Keikutsertaan warga dalam pilkada lalu merupakan yang tertinggi di Indonesia. Yakni sebanyak 86,12 persen.

“Masyarakat Kulonprogo luar biasa,” kata Hasto. Prestasi Kulonprogo menurut Hasto bukan karena pribadinya. Namun berkat dukungan seluruh SKPD, Forkopimda dan warga Kulonprogo.

“Masyarakat sudah memberikan contoh membangun daerahnya sendiri,” kata Hasto. Bantu bedah rumah kali ini diberikan kepada Sugimin, 57, warga Dusun Ploso, dan Pairun, warga Kaligalang.

Forum CSR memberikan bantuan bedah rumah Supriyono, warga Dusun Tegowanu. (tom/iwa/mar)