RADARJOGJA.CO.ID – Makanan sehat untuk mencegah stroke pada umumnya adalah jenis makanan yang mengandung serat dan bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah.

Stroke adalah salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Stroke banyak diderita oleh kaum lanjut usia.

Awal terjadinya stroke ditandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak. Akibatnya otak akan mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi.

Selain itu otak juga akan mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan kematian. Karena hal inilah maka, banyak orang yang terkena serangan stroke bisa kehilangan daya ingat dan berbagai kemampuan fisik lainnya.

Berikut ini beberapa makanan terbaik untuk mencegah stroke, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (2/3).

1. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda yang juga berarti penurunan risiko stroke. Berbagai ahli kesehatan telah menyebut tentang pentingnya lycopene yang terkandung dalam buah ini selama bertahun-tahun.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang melibatkan lebih dari 1.000 laki-laki, orang-orang dengan tingkat tertinggi likopen dalam sistem tubuh mereka akibat dari mengonsumsi produk tomat memiliki penurunan risiko stroke sebesar 55 persen.

2. Biji-bijian

Membatasi jumlah konsumsi biji-bijian olahan yang Anda makan tidak akan menyebabkan kerusakan apapun, tetapi Anda juga jangan memotong karbohidrat sepenuhnya.

Biji-bijian kaya akan nutrisi penting, terutama serat. The American Stroke Association merekomendasikan makan banyak biji-bijian kaya serat untuk membantu menurunkan kolesterol yang mampu mengurangi risiko stroke. Coba barley, beras merah, farro atau gandum.

3. Kacang

Kita semua tahu protein penting untuk membangun otot, membantu pemulihan dan membuat kita kenyang.

Jika Anda benar-benar ingin memangkas peluang Anda untuk mengalami stroke, sumber nabati seperti kacang-kacangan, lentil dan kacang polong adalah pilihan yang lebih baik.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension yang melibatkan 554 peserta menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara signifikan menurunkan tekanan darah.

4. Telur

Telur ternyata dikaitkan dengan penurunan risiko stroke sebesar 12 persen.

5. Anggur merah

Harvard Health Publications menyarankan minum satu gelas anggur merah karena kandungan antioksidannya.

6. Buah Citrus

Satu studi tahun 2012 meneliti hubungan antara stroke dan konsumsi antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid.

Hal yang paling menarik tentang penelitian ini adalah sementara total konsumsi flavanoid tampaknya tidak menunjukkan korelasi, mereka yang mengonsumsi jenis tertentu dari flavanoid terutama melalui buah jeruk dan jus memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

7. Sayuran hijau

Selain menyediakan banyak vitamin dan mineral, sayuran ini baik untuk mengurangi risiko mengembangkan berbagai penyakit.

Satu review menyoroti pentingnya makan buah-buahan dan sayuran sebagai cara untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.(fny/jpnn/ong)