RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Sebanyak 11 pemain asal DIJ dinyatakan lolos seleksi untuk masuk seleksi tahap II Timnas Indonesia U-16. Mereka dipilih dari 197 pemain yang mengikuti seleksi yang diadakan Asprov PSSI DIJ di Stadion Mandala Krida Kota Jogja sejak Rabu (1/3). Nama-nama pemain yang lolos tersebut akan dipanggil untuk bersiap mengikuti seleksi tahap II hari ini.

Koordinator Tim Seleksi Timnas U-16 Region DIJ Herwin Syahrudin mengatakan, kesebelas pemain yang masuk seleksi tahap II asal DIJ telah dilaporkan ke PSSI pusat. Jumlah pemain tersebut disesuaikan dengan posisi sebuah tim. Meliputi seorang penjaga gawang, empat bek dan gelandangan serta dua penyerang.

Herwin menyebutkan, hampir sama dengan seleksi Timnas U-19 lalu, postur pemain menjadi pertimbangan. Mengingat lawan-lawan Indonesia di turnamen internasional mempunyai tinggi badan ukuran atlet sepakbola. Namun yang utama tetap kemampuan olah bola dan visi bermain di tengah lapangan. “Skill sudah menjadi penilaian wajib. Namun pemahaman organisasi permainan dan visi bermain dengan mengacu posisinya juga menjadi penilaian tim scouting,” imbuhnya.

Herwin mengatakan, pemain asal DIJ tersebut kemungkinan akan kembali dikumpulkan dengan pemain daerah lain untuk menjalani seleksi berikutnya. Rencananya seleksi tahap II digelar 17-18 Maret mendatang. Mengenai tempatnya, Sekretaris Umum Asprov PSSI DIJ Dwi Irianto mengatakan tengah menjajaki kemungkinan memilih antara Stadion Sultan Agung Bantul atau Mandala Krida Kota Jogja untuk jadi tempat seleksi. “Masih kami komunikasikan,” tuturnya.

Disinggung mengenai pemain hasil seleksinya, Herwin mengaku optimistis ada beberapa pemain yang bisa masuk dalam skuad timnas. Ia menyoroti posisi bek tengah dan penyerang yang potensial lolos. “Ada pemain yang bagus menurut kami. Termasuk posisi gelandang juga ada kans,” bebernya. (riz/din/ong)