RADARJOGJA.CO.ID – Pelajar madrasah adu kemampuan menjadi yang terbaik untuk bisa maju ke tingkat nasional Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma). Acara tersebut bakal digelar pada Agustus 2017 mendatang.

Ratusan pelajar Madrasah di Kulonprogo ambil bagian dalam Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma). Diselenggarakan di MAN 2 Wates, kemarin.

Berdasarkan daftar hadir, jumlah peserta mencapai 300 orang. Mereka berasal dari puluhan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) di Kulonprogo.

Mereka dibagi dalam beberapa jenis lomba seni dan olahraga sesuai tingkatan madrasah. Ada juga lomba pidato bahasa Inggris dan Arab, Hafidz dan MTQ, seni hadrah dan menyanyi, serta tenis meja, bulutangkis, dan futsal.

Kepala MAN 2 Wates Anita Isdarmini mengungkapkan secara kebetulan tahun ini sekolahnya menjadi tuan rumah Aksioma tingkat kabupaten. Acara yang digelar sehari ini bertujuan mencari bibit unggul Kulonprogo dari tiap cabang yang dilombakan.

Juara nantinya akan mewakili Kulonprogo maju Aksioma tingkat DIJ yang kebetulan juga akan menjadi tuan rumah Aksioma tingkat nasional Agustus 2017. “Harapannya, dari sini bisa didapat bibit unggul. Ajang kompetisi ini untuk mendapatkan atlet atau peserta berprestasi, mereka nantinya juga akan mendapat pendampingan,” kata Anita.

Berburu bibit unggul menjadi tantangan tersendiri, mengingat selama ini peserta dari Kulonprogo belum banyak bicara di tingkat provinsi. Hanya beberapa bidang lomba yang bisa dikuasai perwakilan Kulonprogo, seperti lomba karya tulis. Sedangkan di cabang olahraga selalu kandas.

“Namun kami optimistis juara dari kompetisi tingkat kabupaten ini nantinya bisa berprestasi di tingkat DIJ. Sebab segala persiapan kini sudah dimatangkan sehingga diharap perwakilan Kulonprogo akan memiliki nilai kompetisi yang lebih matang,” ujar Anita.

Salah seorang peserta lomba E. Najuba Azzahra mengatakan dalam kompetisi ini dia mewakili sekolah untuk pidato bahasa Inggris. Persiapan sudah dilakukan beberapa bulan sebelum ajang digelar. Baik mempelajari bahasa tubuh dan teks pidato berkualitas untuk menunjang performa.

“Intinya memang harus banyak belajar supaya bisa lebih baik lagi. Sehingga, bisa membanggakan orang tua dan sekolah,” kata siswi kelas X MAN 2 Wates ini. (tom/iwa/mar)