RADARJOGJA.CO.ID – RS Akademik UGM terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menambah jumlah kamar atau gedung bagi masyarakat yang akan menjalani rawat inap di rumah sakit yang terletak di Jalan Ring Road Utara tersebut. Kamis (2/3) dua gedung baru yang baru selesai dibangun diresmikan oleh Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati.

Gedung tersebut dinamai Gedung Bima dan Gedung Parikesit. Nantinya, Gedung Bima akan digunakan untuk klaster penyakit dalam yang mencakup layanan rawat inap dan poliklinik penyakit dalam, jantung, dan pembulu darah. Sedangkan Gedung Parikesit untuk klaster anak sehat yang mencakup layanan rawat inap dan layanan poli rawat jalan kesehatan anak.

“Dua gedung akan meningkatkan mutu cakupan pelayanan RS UGM. Rumah sakit ini mengembangkan sistem klaster untuk membuat pelayanan satu tempat,” kata Direktur Utama RS UGM, Prof Dr Arif Faisal saat peresmian gedung.

Menurutnya, pada 2016 kunjungan pasien di rumah sakit ini menunjukkan peningkatan signifikan. Kenaikannya rata-rata 58 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini tidak lepas dari dibukanya berbagai layanan dokter spesialis seperti dokter spesialis jantung, dokter anak, dokter spesialis mata, spesialis bedah digesti, ortopedi, serta spesialis penyakit dalam yang praktek di sini,” papar Arif.

Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati mengapresiasi direksi RS UGM yang terus meningkatkan layanan. “RS UGM ini menjadi contoh faktual yang nyata bagaimana bisa melakukan lompatan dalam waktu 5 tahun,” kata Dwikorita.

Menurutnya, kemajuan ini patut disyukuri. Sebab, tantangan dan persaingan di dunia layanan kesehatan semakin ketat.

“Rumah sakit ini perlu melakukan terobosan dengan memberikan fasilitas prima yang belum dimiliki rumah sakit lain,” pinta Dwikorita. (mar/dem)