RADARJOGJA.CO.ID –Perairan Pantai Selatan Gunungkidul menjadi jalur perlintasan imigran gelap. Bahkan, wilayah dengan garis pantai sepanjang 74 kilometer ini juga memungkinkan munculnya gangguan keamanan laut. Untuk mengantisipasinya, petugas sering berpatroli.

“Kami meningkatkan patroli di Pantai Selatan Gunungkidul. Patroli dilakukan sebagai langkah antisipasi masuknya kapal asing dan penyelundupan manusia ataupeople smugglingmelalui jalur laut,” kata Kepala Satuan Polair Gunungkidul AKP Sunarto, Selasa (1/3).

Sunarto melanjutkan, langkah antisipasi harus dilakukan. Alasannya, petugas beberapa kali menangani kasus imigran gelap. Ia mencatat, percobaan penyelundupan manusia ke Australia melalui pantai terjadi lebih dari sekali.

“Untung berhasil digagalkan. Bahkan ada pelaku penyelundupan dari warga negara asing (WNA) sudah diproses secara hukum,” katanya.

Dari data kepolisian, pada 2011 petugas mengamankan 17 imigran gelap asal Afganistan. Mereka digrebek di Hotel Kukup Beach Nature Inn di dekat Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Pada Oktober 2013, petugas kembali mengamankan 30 imigran gelap. Di antaranya, ari Somalia 11 orang, Myanmar 5 orang, Pakistan 13 orang, dan Eritrea 1 orang.

Selain itu, Polair Gunungkidul beberapa kali menangkap kapal-kapal pencari ikan tanpa dokumen lengkap serta melanggar jalur layar yang ditentukan. Dengan kapal operasi yang ada, Polair melakukan patroli melewati lebih dari 60 kilometer Pantai Selatan Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur.

“Selain melakukan kegiatan patroli, kami melakukan bimbingan penyuluhan terhadap warga di pesisir pantai,” ucapnya.

Menurutnya, ada enam kecamatan yang berpotensi menjadi jalur penyelundupan manusia. Yakni, Kecamatan Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari, Tepus, dan Girisubo. Alasannya, kondisi geografis wilayah DIJ, khususnya Gunungkidul merupakan jalur strategis. Karena berhadapan langsung dengan negara tujuan para imigran.

Bupati Gunungkidul Badingah minta Tim SAR terlibat dalam mengantisipasi kemungkinan penyelundupan manusia. Ia berharap regu penyelamat bersinergi dengan kepolisian.(gun/hes)