JOGJA-Memulai usaha di usia muda tentu bukan hal yang mudah bagi Kamelia Resti Ariyanti. Terlebih usaha yang dijalankan merupakan hasil kerja keras sang kakak, Hendra Budi P pada 2009 yang bergerak di bidang transportasi wisata.

“Waktu itu, kakak saya mendirikan usaha dengan modal yang sangat minim, Rp 200 ribu. Dengan fokus dan bekerja keras, kakak saya sudah bisa membeli beberapa mobil sendiri untuk mengembangkan usaha rentalnya,” cerita gadis lulusan Manajemen Pendidikan UNY 2015 tersebut.

Awal 2015, Hendra memberikan kepercayaan pada Kamelia untuk mengelola rental mobil dan memberikan saham kepemilikan usahanya. Tahun 2016 Kamelia mengembangkan usaha rental mobil menjadi travel agen dengan nama H&R Tour Travel Jogja. Dan saat ini, H&R Tour Travel Jogja memiliki pelayanan sewa mobil, paket wisata, dan booking hotel.

Mengenai motivasinya, Kamelia mengaku bidang tour travel merupakan hobinya sejak dulu. “Hobi saya suka travelling ke berbagai daerah. Selain itu saya suka tantangan, saya menganggap bahwa ini adalah tantangan dan kesempatan yang sesuai dengan passion saya,” jelasnya.

Soal hambatan, menurutnya sistem pengelolaan SDM atau karyawan menjadi kendalanya. Selain itu kompetitor yang banyak dan cepat bertambah jumlahnya dalam kurun waktu yang pendek menjadi tantangan Kamelia untuk selalu terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Soal kiat, dia menyarankan untuk fokus, konsisten dan terus berinovasi. “Fokus dan konsisten pada bidang yang digeluti saja, meskipun banyak tawaran dan kesempatan untuk membuka berbagai usaha,” tegasnya.

Salah satu upayanya yaitu mengembangkan website usaha. Ini agar lebih responsif sehingga calon konsumen bisa langsung pesan saat itu juga. Kamelia juga menggunakan media sosial Instagram untuk menarik lebih banyak pelanggan, terutama anak muda yang suka traveling.

Dalam menjalankan usaha tersebut tentu Kamelia mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. “Restu, doa, dan semangat merupakan bentuk dukungan orang tua saya. Karena setiap memulai usaha apabila sudah ada restu, doa, dan mendapat energi semangat dari orangtua maka semuanya Insya Allah akan berjalan lancar,” katanya.

Selama ini usaha H&R Tour Travel hanya melingkupi Jogja dan sekitarnya. Harapan ke depan Kamelia ingin mengembangkan pelayanan paket wisata lebih luas, sampai jangkauan luar negeri sehingga membuat H&R Tour Travel lebih dikenal banyak orang dari berbagai negara. (ita/din/mg2)