RADARJOGJA.CO.ID – Hari kasih sayang atau Valentine’s Day menjadi berkah bagi produsen makanan berbahan cokelat. Salah satunya cokelat yang dicampur serbuk olahan daun pegagan produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendhis Dusun Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Pada umumnya cokelat dijual dengan bentuk batangan atau serupa permen dengan bentuk mirip satu sama lain. Namun cokelat produksi KWT Pawon Gendhis identik dengan pegagang. Pegagan adalah tumbuhan liar yang banyak ditemui di pekarangan atau persawahan di daerah setempat.

Tidak hanya memberi varian rasa dan bentuk yang berbeda, pegagan juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Di antaranya bisa sebagai multivitamin otak, penambah daya ingat, penyembuhan asam urat dan bisa menyebuhkan berbagai penyakit lainnya.

“Bahannya memang juga kami padukan dengan greentea dan olahan pegagan. Sehingga makanannya tetap sehat dengan manfaat bahan alami,” kata Ketua PWT Pawon Gendhis, Dwi Martuti, kemarin.

Guna memenuhi permintaan pasar, kelompok ini selalu membuat inovasi berupa tema bentuk cokelat yang tak biasa dan berbeda setiap tahun. Momen hari kasih sayang tahun ini, KWT Pawon Gendhis menghadirkan cokelat Valentine berbentuk simbol hati yang dikemas dalam rupa puzzle empat bidang.

“Bentuk hati kami pilih karena erat hubungannya dengan cinta dan kasih sayang. Sedangkan pola puzzle dikaitkan urusan memadukan rasa kasih dan menuju kesempurnaan cinta,” jelas Dwi Martuti.

Tuti, sapaan Dwi Martuti, mengatakan harga bervariasi tergantung jenis dan ukuran. Namun khusus momen hari kasih sayang, cokelat pegagan edisi Valentine dijual Rp 50 ribu per boks. Menjelang Valentine kemarin kenaikan omzet bisa mencapai 30 persen.

Dalam sehari, rata-rata produksi 10 boks cokelat. Area pemasaran selain di Jogjakarta juga merambah pasar Jakarta, Bali, Sulawesi, dan berbagai kota besar lain. “Kami terbantu dengan pemasaran online, sebulan rata- rata kami bisa jual 2.500 boks cokelat,” ungkap Dwi Martuti.

Salah satu pembeli, Marlina mengatakan tertarik cokelat pegagan yang memiliki banyak khasiat. “Saya heran pegagan bisa dimanfaatkan membuat kudapan lezat macam cokelat seperti ini,” kata Marlina.

Pembeli lain, Aisyah menyatakan bentuknya cukup lucu dan beda dengan cokelat yang dijual umumnya. “Unik, bisa padu dengan pegagan dan green tea. Biasanya cokelat gitu-gitu saja, ini pas untuk Valentine’s Day, sekali-sekali beli untuk orang yang dicinta,” ujar Aisyah. (tom/iwa/mar)