IlustrasiRADARJOGJA.CO.ID-Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Indonesia tak hanya untuk pemerintahan. Sektor swasta di Indonesia pun masih sangat membutuhkan generasi muda berjiwa pengusaha.

Bahkan, saat ini, sudah saatnya Indonesia memanggil bukan hanya untuk sektor-sektor aparatur pemerintah. Indonesia memanggil juga berlaku untuk sektor swasta menjadi pengusaha.

Ini karena prosentase pengusaha dibandingkan jumlah penduduk Indonesia baru mencapai 1,65 persen. Sementara negara seperti Singapura sudah berada pada kisaran 7 persen. Malaysia sudah mencapai 5 persen, dan Thailand sekitar 3 persen .

Untuk itu, perlu upaya serius dan terencana untuk mendorong tumbuhnya minat kewirausahaan, terutama di kalangan anak-anak muda. Hadirnya pengusaha-pengusaha baru secara langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Ini pula yang dilakukan Kantor Staf Presiden, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kedua lembaga pemerintahan itu membuat Kelas Inspirasi untuk menumbuhkan pengusaha, di SMA N 1 Teladan, Sabtu (4/2) lalu. Tak tanggung-tanggung, Chief Executive Officer PT Triputra Agro Persada Arif P. Rachmat dihadirkan untuk membukakan wawasan para siswa SMAN 1 Teladan bisnis tersedia di bumi Indonesia.

Arif P. Rachmat, di hadapan sekitar 300 siswa sekolah yang bersemboyan “Teladan Jayamahe” menceritakan, dirinya memulai bisnisnya sendiri pada umur 29 tahun. Mulai nol, dengan berinvestasi di perkebunan kelapa sawit. “Kelapa sawit ini hanya dapat tumbuh secara istimewa hanya di wilayah Indonesia dan Malaysia,” ujar Arif.

Dua belas tahun kemudian, perusahaan yang didirikan Arif berkembang menjadi 27 perusahaan, memiliki karyawan sebanyak kurang lebih 30 ribu orang, dan bekerja sama dengan kurang lebih 11 ribu petani. Inspirasi tentang dunia kewirausahaan dari ayahnya, Teddy Rachmat, salah satu sosok yang ikut mendirikan dan membesarkan PT Astra Internasional bersama William Soerdjadjaja.

“Untuk menjadi pengusaha yang tangguh, seseorang harus berani gagal dan jatuh,” kata Arif.